Nov 29, 2017

Aplikasi Wajib Blogger Jempolan

Ngeblog alias nulis di blog memang paling enak dilakukan via PC atau laptop. Tapi, seiring dengan kemajuan jaman plus tuntutan mobilitas tanpa batas, rasanya kalau harus nunggu waktu buat duduk manis di depan PC atau laptop keburu ilang nih ide menulisnya. 

Saya pribadi ngeblog pakai smartphone saya. Dan sebagian besar postingan di blog ini, saya buat dengan menggunakan Samsung Galaxy Tab 3 Lite. 


Buat kamu blogger jempolan seperti saya (yang ngeblognya pakai 2 jempol), saya mau share beberapa aplikasi yang wajib kamu instal di smartphone kamu:

1. Writer Plus
Kalian tentu sudah familiar dengan istilah "content is king" kan? Artinya, di dalam dunia blogging, sekeren atau seseksi apapun desain blog kamu, kalo kontennya jelek, percuma.

Karena itu sebelum mulai menulis di aplikasi blog (apapun platform-nya), sebaiknya buat dulu naskah awalmu menggunakan aplikasi Writer Plus ini. Aplikasi ini cukup sederhana dan memang dibuat supaya user fokus untuk nulis. Nggak ribet dengan format teks atau pun hal lain yang berpotensi ganggu proses menulis. Dan sebaiknya kalau nulis naskah awal, pastikan internet kamu off ya, biar ga dikit-dikit ngecek notifikasi dari email, Facebook, atau pun yang lainnya.

Saya termasuk yang percaya bahwa "good writing is rewriting". Jadi, selesai dengan naskahmu jangan asal main publish aja. Tapi cek dulu (proofread) dari atas sampai bawah, ada typo nggak, susunanya nyambung nggak, dll. Hargailah pembaca yang sudah meluangkan waktu dan perhatiannya ke blog kita dengan menyuguhkan konten yang baik dan terbaca.

Selain Writer Plus, kamu juga bisa coba aplikasi sejenis antara lain : Jotterpad, Writer, Power Writer, dan Monospace.

2. Pixlr
Satu hal yang saya belajar di awal ngeblog adalah, sebagian besar orang di dunia memiliki tipe visual. Artinya, mereka lebih tertarik dengan visualisasi, gambar, dibandingkan deretan huruf-huruf berjajar dempet dan rapet-rapet pula.

Tapi, kalau cuma gambar aja sepertinya kurang afdhol ya kalau belum diedit. Nah, salah satu aplikasi yang bisa kamu pakai untuk ngedit file gambar kamu adalah Pixlr. Mau ngedit gambar (warna, ketajaman, dll) sampai nambahin tulisan juga bisa. 

Aplikasi sejenis lainnya yang lebih simpel adalah Textgram atau Snapseed.

3. Blogger Pro Free
Konten sudah siap, gambar sudah oke...sekarang waktunya upload ke blog kamu. Nah, di sini saya baru saja nemuin sebuah aplikasi buat kamu pengguna platform blogger, namanya Blogger Pro Free. Sepertinya aplikasi ini baru, karena sebelumnya saya nggak pernah nemu aplikasi ini di Play Store.

Penggunaannya juga cukup sederhana. Kita bahkan bisa mengatur letak gambar yang mau kita pasang di postingan kita. Beda dengan aplikasi offical Blogger, yang memaksa kita meletakkan gambar di bagian bawah (setelah tulisan).

Aplikasi sejenis yang kamu bisa coba juga adalah Blog It.

4. Url Shortener
Selesai mempublish postingan kita, nggak berarti kerjaan udah selesai lho. Masih ada satu step lagi yang perlu kita lakukan, yaitu promosi.

Saya pribadi paling sering promosi ke grup blogger di Facebook. Lumayan lah, paling nggak ada beberapa orang yang mampir buat baca.

Cuman, kalau kita langsung copas url postingan kita kan jadinya panjang banget tuh, "http:www.initulisanpanjangbanget.blogspot.com/....." jadinya secara visual nggak menarik. Karena itu biasanya sebelum saya share postingan saya (dan kalau pas lagi nggak males), saya pendekin dulu pakai Url Shortener. Hasilnya jadi seperti ini : www.goo.gl/73828eu3x (jangan diklik, ini cuma contoh).

Aplikasi sejenis yang pernah saya pakai adalah Bit.ly.

5. Instagram
Dulu saya malu promosi konten blog saya di social media. Karena, saya beranggapan tulisan saya nggak bagus-bagus amat buat dipromosiin. Tar kalo diketawain gimana, dicaci maki, di-bully, dll. Mampukah saya bertahan menghadapi semua itu (lebay).

Tapi ya akhirnya saya nekatin buat posting di social media. Grogi? Iya. Takut? Pastinya. Tapi saya tetep posting. Baru setelah itu berdoa banyak-banyak biar nggak ada yang nyinyir.

Kenapa saya pakai Instagram buat promosi? Well, sederhananya karena postingan Instagram bisa di-link-kan ke Facebook, Twitter, dan Tumblr. Jadi, one for all gitu deh. Selain Instagram, kamu juga bisa promote via Whatsapp. Cukup update aja status WA kamu dengan postingan di Instagram plus alamat situs kamu.


Okay, itu dulu share dari saya buat kalian sesama blogger jempolan. Semoga bermanfaat. Kalau kalian punya input lain, silahkan saja isi kolom komentar ya.

Burung Irian, Cendrawasih....cukup sekian terima kasih
Share:

4 comments:

  1. Wah saya juga pengen nih coba aplikasi url shortener biar url blog nggak kepanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...agak ribet memang karena ada proses tambahan. Tapi Insya Allah, worth to do :)

      Delete
  2. Layak dijajal nih pilihan2nya.

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.