Menu

29 November 2017

Jotterpad : Aplikasi Minimalis Buat Yang Hobi Nulis

Sumber : techdissected.com
Asalamualaikum,

Ini postingan pertama saya di rumah baru. Moga-moga bisa bermanfaat buat kalian semua. Bismillah.

Okay, di postingan perdana ini saya mau share sedikit tentang sebuah aplikasi word processor yang saya pakai. Aplikasi namanya Jotterpad.


Sebenarnya aplikasi ini punya 2 versi, yang berbayar dan yang free alias gratisan. Nah berhubung yang saya pakai masih yang gratisan, jadi ya saya bahas yang versi gratisan aja ya.

Buat saya yang hobi nulis, aplikasi Jotterpad ini sangat membantu, terutama karena saya lebih sering nulis (untuk blog) via handphone dibandingkan pakai laptop atau PC.

Dari beberapa fitur yang Jotterpad punya, berikut adalah beberapa hal yang saya sukai dari aplikasi ini.

1. Minimalis
Hal pertama yang saya suka dari Jotterpad adalah aplikasi ini sangat sederhana. Ukuran aplikasinya juga kecil, nggak sampai 5 MB. Sangat pas buat hape saya yang memori-nya terbatas.

Kesederhanaan dari aplikasi ini bener-bener cocok buat orang perfeksionis seperti saya. Aplikasi ini tidak memiliki terlalu banyak fitur formatting yang seringkali membuat saya lebih fokus pada how my writing looks like dan akhirnya nggak nulis-nulis.

2. Typography
Sebelum menggunakan Jotterpad, saya pernah pakai aplikasi lain bernama Writer+. Sama seperti Jotterpad, Writer+ juga aplikasi minimalistik. Namun, Jotterpad menyediakan beberapa jenis template yang bisa di-setting sebelum kita mulai nulis. Sedangkan Writer+ hanya ada satu jenis font saja.


Ada 7 jenis template yang bisa kita gunakan sesuai selera : Essay, Draft, Newspaper, Novel, Poem, Lyrics, dan Screenplay. Ditambah satu lagi template Custom di mana kita bisa atur sendiri jenis font dan ukuran spasi sesuai selera kita.



Essay
Draft
Newspaper
Novel
Poem
Lyrics
Screenplay
3. Autosave
Lagi asik nulis tiba-tiba salah pencet sebelum sempat men-save, alhasil semua jerih payah hilang tanpa jejak.

Pernah ngalamin? Gimana rasanya? Sakitnya tuh di sini…bener nggak?

Di Jotterpad, nggak perlu kuatir. Karena aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan tulisan yang sudah kita buat. Jadi aman.

4. Nightmode
Kadang-kadang ide itu datang nggak lihat waktu. Pas lagi mau tidur eh tau-tau dateng. Kalau nggak ditulis keburu ilang, tapi kalau ditulis cahaya dari handphone akan mengganggu malaikat dan bidadari yang lelap di alam mimpi.

Dengan Jotterpad, kita bisa switch ke nightmode dengan tingkat pencahayaan yang redup. Cukup untuk membuat kita bisa menulis tanpa kuatir mengganggu tidur pasangan dan anak kita.


Oke, jadi itu sekilas tentang Jotterpad dari pengaman saya. Gimana dengan kalian? Aplikasi apa yang kalian pakai untuk menulis?

Share cerita dan pengalaman kalian di kolom komentar ya.

Kalau menurut kalian tulisan ini bermanfaat, nggah usah sungkan untuk bagiin ke temen-temen kalian. Dan jangan lupa klik Subscribe supaya kalian nggak ketinggalan update terbaru dari saya.

Okay, see you on the next post ya.
 


Wasalamualaikum,
Your Friendly Neighbor
Share:

2 comments:

  1. Kalau untuk di mobile saya sering nulis dengan aplikasi catatan biasa. sertelah itu saya salin ke laptop untuk di edit dan di posting melalui laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, saya sekarang juga mulai pake PC buat ngeblog. Aplikasi ini, lebih banyak buat nyatet ide biar nggak nguap gitu aja.

      Delete

Silahkan tulis komentar, kritik, saran, atau opini kalian.

Subscribe to Minimalist Blogger via Email

Minimalist Blogger

Designed by Anders Norén