Menu

12 January 2018

Belajar Itu Asyik Dan Menyenangkan...Ah, Bohong!



Mumpung masih anget-angetnya awal tahun nih, ada nggak salah satu resolusi temen-temen yang mau mengembangkan skill atau knowledge kalian? Belajar itu perlu dan wajib, tapi jangan sampai lupa satu hal yang paling penting ya. Punyai tujuan yang jelas.

Kenapa gitu? Ya, salah satunya karena proses belajar dan mengembangkan diri itu adalah alat/sarana supaya kita bisa mencapai tujuan kita. Ibarat olahraga deh. Orang yang tujuannya mau nurunin berat dan yang tujuannya mau naikkin berat, atau nambah otot, pasti program trainingnya beda kan? 

Selain itu, kenapa penting punya tujuan yang jelas. Karena proses belajar dan berkembang, itu menyakitkan, menyiksa, nggak enak, pedih, dan perih.

Belajar adalah berubah, dan berubah itu sakit

Kalau ada yang bilang belajar itu menyenangkan, jangan percaya! Belajar itu nggak ada senang-senangnya. Ya, karena tujuan pembelajaran itu adalah perubahan. Mulai dari cara pikir, sikap mental, sampai ke perilaku dan tindakan kita. 

Dan percaya deh, it really really is, a pain in the ass.

Selain prosesnya menyakitkan, investasinya juga kadang nggak sedikit. Bukan uang semata, tapi juga investasi tenaga, waktu, pikiran, dll.

Karenanya, penting sekali kita punya tujuan yang jelas. Jangan sampai sudah investasi banyak, badan sakit semua, eh ujung-ujungnya nggak "balik modal" alias, tujuan nggak tercapai. 

Buang waktu!

Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, kritik, saran, atau opini kalian.

Subscribe to Minimalist Blogger via Email

Minimalist Blogger

Designed by Anders Norén