Menu

13 January 2018

Pengalaman Mencoba GBoard



Sebagai seorang mobile blogger, tentunya handphone sudah menjadi barang wajib buat saya. 95% aktivitas ngeblog saya lakukan lewat handphone. Mulai nulis draft tulisan, editing dan finishing, sampai publikasi, saya lakukan lewat aplikasi-aplikasi di handphone android saya.

Sekarang ini sih senjata andalan saya adalah Samsung Galaxy Tab 3 Lite, kado ulang tahun ke 29 saya.

Setelah beberapa lama ngeblog, saya mulai menemukan kendala di aplikasi keyboard default tab saya. Sebenarnya minor sih, tapi karena terus berulang, lama-lama ganggu juga.

Masalahnya adalah tombol paste from clipboard yang berada di dekat tombol enter. Pada dasarnya, tombol ini berfungsi untuk memudahkan kita mem-paste tulisan/gambar yang kita copy sebelumnya. Namun, karena peletakan dan kecepatan saya dalam mengetik, seringkali tanpa sengaja tombol ini kepencet. Akhirnya, saya terpaksa menghapus itu dulu baru lanjut nulis.

Kalau yang ke-paste cuma 1-2 kata sih nggak apa-apa. Tapi kalau 1 paragraf atau 1 artikel penuh nggak sengaja ke-paste....bubar sudah acara nulisnya.

Akhirnya saya cari-cari keyboard alternatif via Play Store. Ada beberapa aplikasi keyboard yang bisa dipilih, tapi tentunya nggak semua sesuai dengan kebutuhan saya. Yang penting buat saya :
  1. Desain sederhana
  2. Responsif alias nggak lemot
  3. Ads free

Setelah mencoba beberapa aplikasi keyboard, saya pun mencoba GBoard besutan Google.



Saya baru 3 hari menggunakan aplikasi ini, dan sepertinya saya akan menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Saya mendapatkan ketiga kriteria yang saya cari itu di Gboard. Memang awalnya saya agak terganggu dengan mode predictive text yang jadi default setting-nya. Tapi itu bisa diatur. Saya lebih memilih non aktifin predictive text-nya.

Buat temen-temen yang aktivitas ngeblognya banyak lewat handphone, nggak ada salahnya cobain Gboard.

Oya, saya nggak nemu cara untuk merubah background keyboard dengan foto pribadi saya. Jadi kalau temen-temen cari keyboard yang backgroundnya bisa dikustomisasi, mungkin Gboard bukan buat kamu.

Selamat mencoba dan ketemu lagi di postingan berikutnya ya.

Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Subscribe via Email

Minimal Blog

Designed by Anders Norén