Jan 18, 2018

Kok Nggak Ada Yang Nolongin Sih??!!


Sebagai manusia, kita nggak akan pernah bisa hidup sendirian. Akan ada masanya ketika kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Karena pada dasarnya, yang namanya manusia itu nggak ada yang sempurna. Udah dari sananya seperti itu.

Tapi, pernah nggak kamu ngalamin masa-masa di mana kamu butuh banget sama bantuan orang lain, eh nggak ada yang bantuin.

Saya melihat kawan-kawan saya dan juga mengalami sendiri, masa-masa itu. Kesel, marah, desperate bin frustasi, sedih, pokoknya campur aduk deh rasanya.

Ada 3 alasan kenapa orang lain nggak bantuin kamu di saat kamu perlu pertolongan mereka. Yuk sama-sama kita lihat. Kira-kira kalau kamu yang mana ya.

1. Mereka Nggak Bisa 
Alasan pertama orang lain nggak bantuin kamu adalah mereka nggak punya kemampuan buat bantuin kamu. Orang-orang seperti ini biasanya tipe orang yang sadar diri. Daripada tar malah nyusahin, lebih baik bilang kalau memang nggak bisa.

Ya, bayangin aja kalau kamu minta tolong pak tukang yang sehari-harinya berkutat dengan bahan-bahan bangunan buat bantuin masak. Atau kamu minta tolong orang yang matanya minus dan nggak bawa kacamata buat nginceng papan informasi berjarak 20 meter.

Kebayang kan gimana jadinya kalau mereka maksain diri bantuin kamu, karena sungkan atau kasihan. Bukannya selesai masalah, bisa-bisa tambah runyam.

2. Mereka Nggak Tahu
Alasan kedua, dan yang sering terjadi adalah, orang nggak tahu kalau kamu butuh dibantu. Biasanya hal ini terjadi karena miskomunikasi. Entah kamu ngomongnya nggak jelas, atau merekanya yang emang gagal paham, tapi seringnya karena yang pertama.

Saya punya anak usia 3 tahun, yang lagi belajar kosakata baru. Kebetulan anak saya ini tipikal kholeris yang nggak sabaran. Ceritanya, dia ini minta tolong saya, papanya, untuk ngambilin sesuatu. Tapi namanya masih belajar, beberapa kali yang dia omongin itu nggak bisa saya pahami dengan benar. Selain karena faktor kelelahan pasca pulang kantor juga sih. Dan, mulai deh, dia marah-marah ke papanya yang nggak ngerti-ngerti apa maunya. Kalau nasib lagi baik, ada mamanya yang bantuin papa men-translate omongannya dia.

Ironisnya, banyak orang dewasa pun yang mengalami masalah yang sama. Mereka mintanya nggak jelas, terus kesel kan karena yang dimintain tolong nggak ngerti-ngerti, akhirnya ya udah, aku kerjain sendiri aja bener nggak?

Saya sering dapet kritik (baca : feedback) karena sering menggunakan kata 'ini' dan 'itu' ketika sedang diskusi atau presentasi. "Jadi nanti yang ini ganti ke ini, dan itu bla...bla...bla."

Kamu juga? Kadang kita nggak sadar kalau cara kita ngomong itu nyusahin orang lain. Seringnya, karena mau ringkas, kita agak 'malas' ngomong istilah-istilah dengan apa adanya. Kan lebih gampang pakai 'ini' atau 'itu' aja. Gampang di kamu, iya. Tapi nyusahin orang lain. Terus, kamu kesel gara-gara orang gagal paham sama apa yang kamu mau? Ish...ish...ish…(sambil geleng-geleng).

3. Mereka Nggak Mau
Last but not least alasan orang nggak mau bantuin kamu sebenernya sederhana, mereka nggak mau. Salah satunya mungkin karena keseringan gagal paham sama omonganmu yang nggak jelas tadi.

***

Nah, mulai ada gambaran kenapa orang nggak bantuin kamu di saat kamu membutuhkan mereka? Mana yang paling sering kamu alamin dari 3 poin itu? Boleh dong berbagi ceritamu di kolom komentar.

Itu dulu untuk hari ini, kita ketemu lagi di postingan berikutnya ya.
Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.