Feb 12, 2018

Kenapa Perlu Blogwalking Dan Bagaimana Etikanya?



Kalau ditanya aktivitas utama seorang blogger, tentunya jawabannya tak lain dan tak bukan adalah nulis di blog a.k.a ngeblog.

Iya dong, punya blog sekeren dan secantik apapun, kalau isinya 'zonk' lambat laun pasti jumlah pengunjung menurun, dan lama-lama hilang beserta dengan hilangnya si empunya blog.

Memang, konsisten mengisi blog dengan konten-konten berkualitas itu nggak mudah. Tapi kalau dibilang sulit, ya relatif lah. Memang perlu latihan dan jam terbang tinggi supaya membuat konten berkualitas jadi mudah.

Salah satu cara memperbaiki, bahkan meningkatkan kemampuan kita membuat yang baik adalah melakukan blogwalking.

Seperti namanya, blogwalking artinya jalan-jalan ke blog orang.

Di komunitas ODOP yang sekarang sedang saya ikuti, aktivitas blogwalking wajib dilakukan setiap hari. Untuk memudahkan, PJ alias Penanggung Jawab sudah menentukan 3 blog yang wajib dikunjungi setiap harinya. Tidak pernah ada informasi kenapa kami harus melakukan blogwalking, tapi efek positifnya terasa sekali buat saya.

Setidaknya ada 4 manfaat blogwalking yang saya rasakan :
1. Menambah Referensi/Ide Tulisan
Blogger, seperti halnya writer ada kalanya menghadapi masa-masa paceklik ide. Apalagi para peserta ODOP yang 'dipaksa' nulis tiap hari 24/7. Akan ada masanya, kita mulai bertanya pada diri sendiri, "Mau nulis apa lagi ya?"

Salah satu strategi yang saya lakukan dan berhasil untuk saya adalah blogwalking.

Sederhana saja, cukup klik link yang di-share di grup ODOP dan mulai membaca-baca. Kalau kamu bukan peserta ODOP, kamu bisa join ke beberapa grup Facebook tentang blogging. Kalau saya join di beberapa grup seperti Warung Blogger, Blogger Crony, dan Blogger Cihuy. Di sana, ada banyak member grup yang men-share postingan mereka, atau sekedar bertanya seputar permasalahan blogging yang mereka hadapi.

2. Menambah Relasi
Alasan saya memulai blog adalah berbagi hal-hal baik kepada orang lain.

Siapa tahu, hubungan baik yang dimulai dari blog berlanjut ke dunia nyata. Kerja sama yang saling menguntungkan dan lainnya.

3. Mengenali Gaya Menulis
Awalnya, ngeblog buat saya adalah sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Bahkan saya punya mimpi menjadi seorang penulis.

Bicara soal jadi penulis, hal pertama yang saya pikirkan tentang penulis adalah mereka yang menulis cerita-cerita fiksi.

Saya pun pernah menulis fiksi. Namun, saya merasa fiksi itu bukan genre saya. Saya bahkan lupa kapan terakhir kali saya membaca cerita fiksi.

Lewat blogwalking saya melihat kalau ada gaya tulisan lain yang lebih 'sesuai' buat saya, yaitu gaya penulisan esai. Di sini saya bisa menulis dan bercerita apapun tentang saya, pengalaman, ide, opini, dll.

4. Mengasah Kemampuan Menulis
Sebagai pemula di dunia perblogingan, saya banyak belajar bagaimana menulis blog yang efektif dari blogwalking ke beberapa blog.

Mulai penggunaan EYD (Ejaan Yang Disesuaikan), gaya bahasa informal tapi nggak alay, penggunaan paragraf pendek, dan banyak lagi.

5. Menaikkan Traffic
Terakhir, salah satu manfaat blogwalking buat saya adalah mendongkrak jumlah pengunjung di blog saya. Dengan melakukan blogwalking, meninggalkan komentar, kita memberikan apresasi terhadap karya orang lain. Dan orang memiliki kecenderungan membalas 'kebaikan' itu dengan berkunjung balik ke blog kita.

Tapi, jangan jadikan ini sebagai alasan utama blogwalking ya.

Alasan menaikkan traffic saya letakkan di akhir adalah, karena ini bukan alasan untuk blogwalking. Bahkan, kalau menggenjot traffic adalah satu-satunya alasanmu, kamu harus siap-siap gigit jari.

Orang itu tahu kok siapa yang tulus dan siapa yang berharap 'imbalan' dari kebaikan yang mereka lakukan.


Etika Blogwalking
Jadi sekarang kita sama-sama tahu kalau blogwalking itu bermanfaat. Lalu bagaimana cara melakukan blogwalking yang baik? Well, semua orang punya caranya sendiri, tapi kalau saya, beginilah cara saya melakukan blogwalking :

Tulus
Jangan menuntut apapun dari blogger yang kita sambangi. Kalau mereka mau visit balik, bagus. Kalau enggak ya nggak apa-apa.

Toh kita menulis untuk berbagi. Kan nggak semua orang relate dengan cerita-cerita yang kita bagikan, sebaik apapun kita menulisnya.

Membaca seluruh konten
Baca dan pahami isi tulisan blog yang sedang kita kunjungi. Alasannya, supaya kita bisa memberikan feedback terbaik bagi blogger tersebut.

Memberikan feedback yang relevan
Buat saya, lebih baik tidak mengomentari sesuatu yang tak saya pahami dengan baik. Daripada harus memberikan komentar yang 'seadanya', tidak tulus, dan nggak bermakna apapun buat si blogger.

Saya memposisikan diri sebagai si blogger. Dan saya pasti akan tersinggung atau minimal sedih lah, kalau komentarnya benar-benar yang 'apa adanya'. Kemungkinannya ada dua, tulisan saya jelek atau postingan saya nggak menarik.

Berhubung saya nggak suka diperlakukan demikian, maka saya tidak memperlakukan blog orang seperti itu. Sederhananya sih.

Mencentang kolom 'notify me'
Mungkin ini terdengar sedikit narsis ya, tapi saya penasaran apa komentar balik si blogger terhadap komentar saya. Kadang, ada diskusi seru yang terjadi di situ. Sebuah komunikasi dua arah antara penulis dan pembaca.

Untuk blog berbasis blogspot, biasanya saya akan mencentang kolom 'notify me' supaya saya bisa dapat update terbaru terkait komentar-komentar di postingan itu.

Kesimpulan
Blogwalking punya banyak manfaat bagi seorang blogger, baru maupun lawas. Namun, hendaknya dalam melakukan blogwalking kita perlu menjaga 'etika'.

Memang kebaikan tidak selalu dibalas kebaikan, pun demikian dengan kejahatan yang tak selalu berujung pada balas dendam. Tapi, kalau boleh memilih, mau jadi baik atau jahat?

Pilihan ada di tanganmu.

Selamat blogwalking dan ketemu lagi di postingan berikutnya ya.

Bagikan:

8 comments:

  1. Ulasannya lengkap
    Dan sangat setuju..

    Blogwalking untuk menambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih....semoga bermanfaat ya 😊

      Delete
  2. yang paling aku suka dari bw itu nambah silaturahmia. bisa ketemu sama orang-orang dengan berbagai gaya menulis, pemikiran/sudut pandang meski cuma online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bu...jadi memperkaya diri kita juga ya 😊

      Delete
  3. Saya blogwalking biar dapet ide dan dapet temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sering dapet ide tulisan pasca BW

      Delete
  4. saya sangat setuju dengan artikel diatas

    ReplyDelete
  5. blogwalking memang sangat diperlukan untuk menambah kunjungan ke web kita, tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya www.learadinka.com

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.