Menu

20 February 2018

Sumber Gambar Untuk Blog Saya



Salah satu komponen penting dalam menulis di blog adalah penggunaan gambar atau ilustrasi. Pemilihan gambar yang tepat memudahkan pembaca memahami isi tulisan kita tersebut.

Selain itu, gambar juga dapat berfungsi agar si pembaca tidak cepat lelah membaca tulisan kita. 

Bicara soal gambar, beberapa waktu lalu saya membaca di sebuah blog tentang kebijakan baru dari Google yang menghilangkan tombol 'simpan gambar' di mesin pencari gambar mereka. Langkah ini dilakukan Google sebagai respon dari komplain para seniman fotografi yang menganggap Google membuka akses bagi setiap orang untuk 'membajak' karya-karya mereka.

Memang sepatutnya seorang seniman mendapat apresiasi dari karya mereka. 

Lalu, bagaimana halnya dengan kita, blogger pemula dengan budget minimalis cenderung minus? Kita kan juga perlu gambar untuk blog kita. Padahal biasanya tinggal comot dari Google, habis perkara. Kalau kita harus bayar semua gambar itu, bisa-bisa 'tekor' dong.

Tenang. Ada kok sumber-sumber yang menyediakan gambar 'gratisan' untuk kita gunakan. Stoknya pun juga banyak walaupun tidak bisa dibilang lengkap. Maklum, namanya juga gratis.


Salah satu situs penyedia gambar yang biasa saya gunakan adalah PIXABAY. Situs ini memiliki banyak koleksi gambar dari *landscape* hingga *portrait yang bisa kita gunakan untuk mengilustrasikan tulisan kita.

Walaupun kita tidak wajib untuk mendaftar supaya bisa menggunakan gambar-gambar dari PIXABAY, tapi saya pribadi memilih untuk mendaftar. Alasannya, supaya saya bisa memberikan '❤' untuk seniman yang gambarnya saya gunakan. Itu bentuk apresiasi saya kepada si seniman.

Oh iya, di PIXABAY kita juga bisa menentukan dimensi gambar yang akan kita unduh. Dari yang beresolusi tinggi sampai rendah.


Opsi kedua yang biasa jadi rujukan saya mencari gambar-gambar oke untuk ilustrasi postingan saya adalah Pexels.

Sebagaimana halnya PIXABAY, kita bisa mendaftar jadi member maupun tidak kalau ingin menggunakan gambar-gambar dari situs ini. Dan buat saya, tetap memilih mendaftar dengan alasan yang sama.

Salah satu hal yang saya sukai dari Pexels adalah setiap bulan, mereka mengirimkan gambar-gambar gratis untuk para member dengan beragam kategori. Lumayan lah untuk koleksi, sewaktu-waktu perlu.

3. Gambar dari Situs Asli
Biasanya kalau saya menulis postingan review, saya menggunakan sumber gambar dari situs produk yang saya review. Ya ini cara instant buat saya.

4. Dokumen Pribadi
Selain sumber-sumber di atas, ada kalanya saya menggunakan gambar dari dokumentasi pribadi. Bisa lewat kamera maupun screenshot


Nah, sekian dulu postingan sederhana ini. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang punya referensi lain tentang sumber gambar gratis, boleh dong saling berbagi di kolom komentar.

Kita ketemu lagi di postingan berikutnya ya.

Share:

6 comments:

  1. Saya juga ambil fotonya kebanyakkan dari pixabay yang ada code cco-nya. Kadang juga dari pinterest.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...lumayan lengkap lah di situ ๐Ÿ˜Š

      Delete
  2. Manfaat banget nih kak.... makasih

    ReplyDelete
  3. Ada yg tahu download gambar2 pemain bola n ttg sepakbola gratis, soalnya aku klo nulis ulasan bola suka comot gitu aja di google

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Subscribe via Email

Minimal Blog

Designed by Anders Norén