Mar 17, 2018

3 Hal Yang Sering Terlupakan Sebagai Blogger


Lupa...satu sifat dasar kita sebagai seorang manusia.

Sebagai manusia, kita telah dianugerahi sifat lupa. Kenapa saya bilang lupa adalah anugerah? Singkatnya, ya karena memang itu anugerah.

Coba bayangin deh apa jadinya hidup kita kalau kita nggak pernah bisa lupa dengan segala sesuatu yang kita alami dalam hidup kita. Mulai kecil sampai sekarang ingat semua. Dari pengalaman jatuh dari sepeda sampai ditinggal nikah sama mantan. Kira-kira akan jadi seperti apa hidup kita sekarang?

Ancur pastinya.

Oke, mungkin opening ini nggak penting. Nggak apa-apa. Cuma yang mau saya sampaikan di sini, selain lupa itu adalah berkah, kalau kita nggak bijak dalam mengelolanya bisa-bisa kita sendiri yang rugi.

Sebagai seorang blogger (yang kebetulan berasal dari golongan manusia), saya pun nggak luput dari sifat lupa ini.

Ini adalah 3 hal yang paling sering saya lupakan sebagai seorang blogger ketika nulis blog.
1. Niat
Saya selalu mengatakan berulang-ulang ke diri sendiri, niat saya ngeblog adalah sebagai sarana untuk berkontribusi lewat ide dan pengalaman yang saya bagikan di tulisan-tulisan saya.


Di samping ngeblog buat saya juga sebagai sarana ibadah.

Tapi nyatanya, saya sering lupa niat awal ngeblog ini. Saya lebih tertarik mikirin soal berapa banyak orang yang baca dan ngomenin tulisan saya.

Bahkan sekedar baca Bismillah sebelum nulis dan publish aja enggak.

2. Kualitas konten
Lupa dengan niatan awal ngeblog berujung pada kurangnya saya menjaga kualitas tulisan/konten yang saya buat. Dengan dalih blog ini adalah blog pribadi, saya merasa 'aman' kalau tulisan saya jelek.


Padahal orang yang baca lho udah susah-susah ngeluangin waktu dan fokus mereka buat datang di blog ini, mantengin tulisan dari atas sampai akhir, berharap mendapat sesuatu.

Eh ndilalah kok tulisannya nggak bermutu, susunannya acak-acakan, typo bertebaran, udah gitu isinya curhatan nggak jelas (nggak jelas yang dicurhatin apa...lah wong tulisannya berantakan).

3. Menjalani hidup
Last but not least alias yang nggak kalah pentingnya. Seringkali ketika saya sudah terlalu terobsesi ngupdate isi blog, saya sampai lupa kalau saya juga punya kehidupan dan tanggung jawab yang saya penuhi di samping ngeblog.


Bahkan saya lebih kuatir blog saya nggak terupdate dibandingkan kalau saya gagal memenuhi kewajiban sebagai suami, ayah, pekerja, dll.

Lah ini kan sudah jelas-jelas nggak bener.

Buat kawan-kawan para blogger baik yang baru mulai beberapa menit yang lalu, maupun yang sudah banyak makan asam, garam, gula, dan merica di dunia perbloggingan ini, ijinkan saya mengajukan pertanyaan sederhana ini,

Apa yang sering kalian lupakan ketika ngeblog?

Semoga kita bisa saling mengingatkan satu sama lain, biar niat baik di awal ngeblog tetap terjaga.

Saya tunggu feedback-nya ya.

***
PS : supaya nggak ketinggalan update obrolan kita, pastikan kotak 'notify me' di kolom komentar nanti dicentang ya.

Bagikan:

5 comments:

  1. Yang pasti lupa menjaga kualitas konten. Kalau gue baca tulisan-tulisan lama gue dulu kok rasanya ngalir gitu aja. Keresahan yang gue rasakan keluar semua di tulisan tersebut.
    Kalau dibandingkan dengan yang sekarang: ya memang ada peningkatan dalam hal tulisan. Tapi untuk kontennya sendiri, gue lebih suka gue yang dulu. Yang kalau curhat atau cerita bener-bener totalitas (semuanya di keluarin). Maka ga heran kalau gue yang dulu hampir nggak punya beban berat yang di pikul. Wong semuanya udah dicurahin ke blog. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalau yang sekarang kenapa? Tulisannya ga ada "soul"-nya kah?

      Delete
  2. Suka lupa kalau kesehatan itu lebih penting, karena keasyikan nulis suka tidurnya kemaleman hehehe.

    ReplyDelete
  3. saya merasa kualiatas konten saya menurun belakangan ini, meskipun nulis tetap lebih dari 1000 kata, rasanya masih kurang dalam dan bermanfaat.

    setiap artikel yg saya tulis kadang membutuhkan waktu seminggu, karena saya nulisnya nyicil dan ga sekali duduk. selain itu juga mood2an,

    ahhh, sepertinya saya harus set ulang niay ngblog lagi nih.

    padahal dulu konten awal saya lebih darj 1500 kata, mengulas dengan tidak bosan

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.