Mar 21, 2018

4 Pertimbangan Sebelum Pindah Ke Self Hosted Wordpress

Kalau Saya Pindah Ke Wordpress.org
Berarti saya perlu menyiapkan beberapa hal sebelum merealisasikan rencana pindahan ini. Karena, tentu saja, aksi menyeberang ke platform yang (katanya) powerful ini membutuhkan modal yang nggak lebih sedikit dari Blogger.com yang saya pakai sekarang.

Walaupun nggak bisa dibilang mahal juga (tergantung plan yang mau diambil), tapi tetap aja pindah rumah tetap merupakan langkah besar.

Setidaknya ada 4 hal yang harus saya punya dan kuasai sebelum akhirnya pindahan.

Punya Tujuan Yang Jelas, Kenapa Nge-Blog. Saat ini, blog yang saya miliki adalah blog pribadi. Bahasa kerennya sih Lifestyle Blog. Di sini, saya tidak punya tujuan khusus dalam ngeblog selain menyalurkan hobi dan mengasah kemampuan menulis.

Walaupun ngeblog sebagai hobi itu nggak dosa, tapi rasanya kurang bijak juga kalau harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi hanya untuk pindah ke Wordpress.org.
No...no...no...no!

Belajar Logika Dasar Wordpress.org. Saya pernah membaca di sebuah blog. Di situ si blogger menceritakan tentang pengalamannya ngeblog di Wordpress.org yang selalu minta diupdate dan ujung-ujungnya menghabiskan kapasitas disk space-nya. At the end, dia pun hijrah ke Blogger.com.

Ada juga blogger lain yang merasa kebingungan mengatur tampilan blognya, memilih plugin dan widget (apa itu saya nggak ngerti).

Walaupun saya optimis saya bukan orang yang gaptek-gaptek banget, tapi tetap saja hal-hal seperti ini perlu diantisipasi (susah banget nulisnya). Supaya tahu apa yang harus dilakukan ketika mengalami kasus serupa, atau kasus lainnya.

Menghasilkan Uang Lewat Blog. Saya bukan orang yang antipati dengan uang, sumpah enggak!
Seperti yang saya bilang di awal, menggunakan Wordpress.org sebagai platform blogging modalnya lebih besar dibanding Blogger.com.

Karena selain biaya (registrasi & perpanjangan) untuk custom domain (.com, .id, dll) kita juga perlu mengeluarkan biaya untuk sewa hosting ke penyedia layanan hosting.

Okelah biayanya nggak besar-besar amat, sekitar 50 ribu per bulan. Tapi, setelah saya teliti lagi, nyatanya biaya per bulan itu adalah breakdown dari harga sewa hosting selama setahun. Bayarnya, lum sump alias angsung di awal untuk setahun.

Jadi 50.000 x 12 = 600.000; ditambah biaya domain 120.000 (harga perpanjangan), totalnya 720.000.
Mahal atau murah? Relatif.

Buat saya, mengeluarkan uang segitu untuk hobi dengan banyaknya kebutuhan lain yang lebih penting, rasanya sangat kurang bijaksana (baca : GOBLOK).

Karenanya, kalau saya nanti pindah ke Wordpress.org blog yang saya kelola harus bisa menghasilkan. Minimal untuk membayar biaya operasional blog itu sendiri.

Memilih Penyedia Hosting. Menyambung pertimbangan di nomor 3, soal domain dan hosting, penting untuk bijak dalam memilih penyedia layanan hosting yang baik. Nggak perlu yang terbaik, tapi cukup baik untuk menjaga kelangsungan blog saya.

Di samping itu, ada pertimbangan lain buat saya dalam memilih layanan hosting. Ini murni pendapat pribadi ya. Yang pertama, menyediakan opsi pembayaran bulanan, dan yang kedua opsi untuk afiliasi.
Opsi pembayaran bulanan membuat pembayaran jasa hosting 'terasa' lebih ringan dibandingkan langsung bayar untuk setahun. Selain itu juga lebih fleksibel kan. Sedangkan afiliasi, memang opsional saja sih, tapi seperti saya bilang di awal, blog yang saya kelola harus menghasilkan, minimal membiayai operasionalnya sendiri. Kalau saya berafiliasi dengan penyedia hosting itu, setidaknya saya lebih mudah promosi, karena saya sendiri juga pakai. Jadi nggak perlu 'ngecap'.

°°°°°
Kurang lebih itu adalah beberapa pertimbangan yang perlu saya pikirkan masak-masak sebelum memutuskan hengkang dari Blogger.com dan hijrah ke Wordpress.org.

Itu kalau saya. Kamu gimana? Punya pendapat lain?

Share:

6 comments:

  1. Wah lumayan jugaa yaa.. Saya cukup beli domain aja deh di wp, itu pun udah lumayan mahal menurut saya 18$/tahun wkwk

    ReplyDelete
  2. Iya di wp ini berat di biayanya kalau aku. Sekarang sudah mulai nyaman nih di blogspot akunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh...ada mbak Antung, iya mbak, ini juga setelah baca postinganmu tempo hari.

      Jadi mikir2 mau nyeberang 😁

      Delete
  3. jadi, jadinya pindah atau gak sih? hehehe..
    Saya utk blog di WP masih pakai yang gratisan aja karena masih belum paham seluk beluknya euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pending dulu mbak pindahnya hehehhee... 😁

      Delete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.