Mar 4, 2018

Minimalisme : Lebih Dengan Sedikit




Oke, judul ini mungkin kedengaran aneh. Sebenarnya yang mau saya bilang adalah 'More With Less' tapi memang terdengar agak ganjil kalau dirubah ke Bahasa Indonesia.

Awal perjumpaan saya dengan konsep hidup minimalis terjadi waktu saya mulai ngeblog. Ceritanya sih lagi cari-cari materi/informasi tentang bagaimana menulis yang baik di Youtube. Kebetulan saya lebih mudah belajar secara audio daripada baca, jadi waktu itu saya cari-cari video yang nantiya akan saya konversi ke file audio (MP3). Kemudian, saya putar sembari perjalanan ke kantor maupun pulang.

Nah, singkat cerita saya pun mendarat di sebuah situs milik duo minimalis, Joshua Field Millburn dan Ryan Nicodemous. Di dalam situsnya, The Minimalists saya ketemu sebuah podcast berjudul 'Writing'.Saya pun mengunduh file itu.

Saya putar berulang-ulang file itu, belajar prinsip-prinsip menulis yang baik, ala The Minimalists.

Semakin saya dengarkan, saya tertarik untuk 'menjelajah' lebih jauh ke dalam konsep minimalisme. Apa sih gaya hidup minimalis itu, tanya saya dalam hati. 

Semakin jauh saya membaca artikel demi artikel di situs itu, mendengarkan podcast tentang topik lainnya, saya jadi semakin tertarik untuk belajar apa itu gaya hidup minimalis itu.

Satu hal yang saya pelajari dari gaya hidup minimalis adalah, menjalani hidup bermakna lewat pengembangan pribadi (self growth) dan kontribusi. Fokusnya adalah memiliki hidup yang bermakna (meaningful life), bukan sekedar mencari kebahagiaan.

Saya memang belum menjalani dan menjadi seorang minimalis. Namun saya mulai mengadopsi nilai-nilai minimalisme ini dalam blog saya. Mulai dari tampilan blog sampai konten-konten yang saya buat. 

Saya ingin menjadikan blog ini sarana untuk berkontribusi dengan berbagi cerita-cerita dan pelajaran-pelajaran hidup yang saya alami. Keberhasilan maupun kegagalan, gagasan-gagasan, yang bermanfaat bagi para pembaca blog yang sederhana ini.

Blog ini memang bukan menceritakan tentang minimalisme maupun perjalanan saya menjadi seorang minimalis. Hanya sebuah blog yang mengadopsi cara pandang seorang minimalis yang saya apliasikan lewat tulisan-tulisan yang saya buat.

Kalau kamu tertarik dengan gaya hidup minimalis ini, kamu bisa berkunjung ke beberapa blog yang membahas tentang minimalisme seperti The MinimalistsBecoming Minimalist, atau Zen Habits

Memang situs-situs ini semua dalam Bahasa Inggris. Mungkin kalau kamu punya informasi blogger lokal yang membahas tentang gaya hidup minimalisme, boleh dong berbagi.

Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.