Mar 7, 2018

Review : WPS Note Android


Beberapa waktu lalu, saya pernah nulis tentang Simplenote, sebuah aplikasi nulis via handphone.

Di postingan itu, ada salah seorang kawan yang memberikan komentar tentang aplikasi sejenis yang ia gunakan. Aplikasi itu bernama WPS Note. Hmm...penasaran, saya iseng-iseng coba cari aplikasi ini di playstore. Begitu ketemu langsung saya instal.


Kesan Pertama
Tampilan aplikasi ini cukup bersih dan sederhana. Bisa dibilang minimalis. Namun justru karena itulah aplikasi ini tampak menarik, buat saya lebih tepatnya.

Mulai dari logo yang kalau boleh saya bilang, simple but powerful. Dengan logo selembar bulu, kesan yang didapat ketika melihat ikon aplikasi ini adalah ringan (mungkin berhubungan dengan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 2 MB) dan klasik (mirip pena jaman dulu yang menggunakan bulu).

Testing
Kesan bersih dan simpel pun tampak kental sekali ketika mulai nulis di aplikasi ini. 

Tidak ada pilihan font di sini, tapi kita bisa sesuaikan ukuran font senyaman mata kita. Aplikasi ini juga menyediakan opsi text formatting standar seperti bold, italic, dan underline, walaupun saya nggak yakin ketika teks dipindah ke aplikasi lain (mis : Whatsapp, Blog It, atau Blogger Pro) formatnya akan tetap seperti itu atau balik jadi plain text.

Walaupun demikian, sejauh ini aplikasi ini cukup nyaman untuk menulis.

Buat kamu yang peduli dengan berapa karakter atau huruf yang sudah kamu tulis, aplikasi ini juga memiliki word counter dan character counter (dengan atau tanpa spasi).

Oya, di aplikasi ini kita juga bisa memasukkan gambar sebagai ilustrasi tulisan kita.

Sharing is caring
Aplikasi ini memiliki fungsi sharing yang terhubung dengan aplikasi lain. Namun sepertinya, file yang kita share akan dirubah menjadi file gambar. 

Bayangin aja seperti kamu lagi nulis terus tulisanmu itu kamu screenshot.

Penyimpanan
Sistem penyimpanan file di aplikasi ini menggunakan sistem folder yang umum dipakai. Tidak seperti Simplenote yang menggunakan teknik labelling. Jadi cukup mudah dan user friendly.


Kesimpulannya aplikasi ini cukup oke buat kamu yang hobi nulis. Karena tampilanya yang bersih, simpel, dan bebas iklan memungkinkan kamu untuk nulis dengan nyaman. Kamu juga bisa nulis secara offline.

Tampaknya aplikasi ini juga memiliki fitur auto save. Jadi sewaktu-waktu ada 'iklan' lewat pas lagi asik nulis, kamu nggak perlu kuatir tulisanmu hilang.

Tertarik mencoba aplikasi ini? Sok dah langsung merapat ke play store masing-masing. 

Selamat mencoba!



Tulisan ini dibuat menggunakan WPS Note

Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.