Menu

07 March 2018

3 Template Minimalis Buat Blogmu


Apa sih pertimbanganmu dalam memilih template (atau kadang disebut tema) buat blogmu? Lebih suka mana, bikin sendiri atau ambil yang siap pakai?

Idealnya sih memang kita bikin sendiri template kita. Karena kita bisa atur sendiri tampilan (mis : font, warna, dll) maupun fitur (alias widget) di blog kita. Namun tentu saja yang seperti ini akan lebih mudah kalau kita punya pengetahuan tentang kode-kode HTML ,yang ngelihatnya aja udah bikin saya pusing.

Bagusnya ada lho beberapa web yang menyediakan template siap pakai untuk blog kita. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Tinggal scrolling-scrolling aja, mana yang sesuai dengan 'karakter' kita, ikuti langkah-langkah instalasinya, dan viola wajah blogmu sudah berubah.

Buat kamu yang punya budget khusus untuk mempercantik tampilan blog, bisa ambil yang berbayar. Tapi kalau budgetmu minimalis-cenderung-minus seperti saya...yang gratis pun banyak kok yang oke.

Di postingan kali ini, saya mau share template blog minimalis yang mungkin bisa jadi pertimbangan buat kamu waktu pilah-pilih template.

Kenapa minimalis? Karena kebetulan saya nggak terlalu suka yang rame-rame, dengan aksesoris di sana-sini, baik itu yang bling-bling maupun balonku ada lima. Saya lebih suka tampilan blog sederhana yang nyaman buat dibaca.

Nah, berikut beberapa rekomendasi dari saya,
1. Write


Alasan pertama saya merekomendasikan template besutan New Blogger Themes ini adalah karena saya juga pakai (yang gratisan tentunya). Saya suka penampilannya. Simpel dan fokus ke konten blog. Tampilannya mengingatkan saya pada blog favorit saya, Zen Habits.

Kalau kamu juga suka sama template ini, kamu bisa langsung download di sini.

Oya, template Write yang saya gunakan ini sudah nggak ori bawaan pabrik lagi. Sudah saya modifikasi sedikit berbekal ilmu dasar koding HTML yang saya pelajari otodidak pas awal ngeblog (yang berakhir dengan template blog yang berantakan hehehehe...).

2. Journal


Template kedua yang saya rekomendasikan, masih bikinan New Blogger Themes yaitu Journal. Next time kalau saya mau bikin blog lagi, saya akan mempertimbangkan untuk instal template ini.

Simpel dan cool, itulah kesan pertama saya terhadap template yang satu ini.

Tertarik? Kamu bisa download template ini di sini.

3. Typography


Template terakhir ini, mungkin cocok buat kamu yang hobi nulis fiksi. Tampilan template buatan Theme Expose ini lebih fokus kepada huruf. Ya, sesuai lah sama namanya.

Saya pernah sebentar menggunakan template ini sebelum menggunakan Write.

○○○○○


Jadi itulah beberapa rekomendasi template blog dari saya. Saya pribadi, punya beberapa kriteria dalam menentukan template yang akan saya pakai, antara lain:
1. Warna putih
2. Tanpa sidebar
3. Font yang readable
4. Simpel

Sampai di sini dulu, share dari saya tentang template blog. Moga-moga bermanfaat dan berfaedah. Kalau kamu suka sama tulisan-tulisan saya, jangan lupa subscribe ya, biar nggak kelewatan update dari blog ini.

Ketemu lagi di postingan selanjutnya.

Share:

6 comments:

  1. Wah aku juga suka lihat yang journal itu. Kalem kalau dilihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ˜Š semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š

      Delete
  2. Template blognya ini kece mas, minimalis dan elegan. Makanya diurutan pertama yaa :D

    ReplyDelete
  3. Yang nomer 2 bagus, jadi pengen langsung nyoba

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, kritik, saran, atau opini kalian.

Subscribe to Minimalist Blogger via Email

Minimalist Blogger

Designed by Anders Norén