Apr 14, 2018

Ternyata TV-nya Nggak Rusak



Konon kabarnya teknologi TV jaman dulu atau yang biasa disebut dengan TV tabung memiliki tingkat keawetan yang lebih tinggi dibandingkan flat TV jaman now. 


Well, saya nggak tahu pasti gimana dalemannya TV...tapi pengalaman saya dengan TV layar datar sepertinya mendukung mitos itu.


Ceritanya, beberapa bulan lalu saya mengalami masalah dengan TV saya. Nggak tahu kenapa, tiba-tiba keluar garis-garis di layar. Memang sih setelah beberapa lama garis-garis itu menghilang. Tapi, tentunya itu adalah sebuah pertanda kalau something wrong dengan TV-nya.


Waduh, bisa gawat nih kalau kenapa-kenapa sama TV-nya. Kebayang sudah berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk memperbaiki TV itu.


Awalnya saya mengira permasalahannya adalah karena antena yang nancep terus di TV. Bayangan saya, ketika si antena mencari sinyal kemudian menghantarkannya ke TV ada elektron yang mempengaruhi kinerja TV. Maklum bukan orang elektro.


Solusinya berarti, copot kabel antenanya. Simpel kan.


Nyatanya, garis-garis masih muncul. Jadi, saya berasumsi, mungkin karena TV-nya kurang istirahat alias kelamaan nyala. Jadi saya pun membuat aturan berapa jam TV boleh nyala dalam sehari.


Garis-garis sedikit berkurang. Jadi ternyata itu masalahnya, pikir saya.



Ketika Pompa Air Rusak

Suatu hari, saya mengalami masalah dengan pompa air. Setiap kali dinyalakan, listrik korslet. 


Berhubung peran pompa air sangat krusial untuk menarik air dari sumur (yup...bukan air PAM), mau nggak mau masalah pompa air ini harus segera diselesaikan.


Kami pun menghubungi tenaga jasa perbaikan barang-barang elektronik yang kami temukan dari internet. Kebetulan yang langganan lagi nggak bisa datang.


Singkat cerita, bapak itu datang dan mulai beraksi. Pendek kata, jalur kabelnya dikrikiti tikus sehingga menyebabkan jalur pendek alias korslet. 


Kemudian, bapak itu membuatkan jalur baru dan...viola! Pompa air berfungsi seperti sediakala.


Selepas, bapak itu merapikan barang-barangnya. Saya mempersilahkan beliau untuk menyeruput secangkir kopi panas sambil ngobrol.


Ngobrol ngalor ngidul akhirnya sampailah obrolan kami ke masalah TV.


Masalah Kabel Power

Ternyata permasalahan yang saya alami dengan TV saya disebabkan karena kabel power yang terus menancap.


Permasalahan dengan teknologi TV jaman now adalah, ia tidak memiliki mekanisme untuk memutus aliran listrik yang masuk. Jadi ketika TV dimatikan (menggunakan remote) dan posisi kabel power masih tercolok, pada dasarnya listrik terus mengalir ke TV. Ketika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama, akhirnya menimbulkan masalah di bagian dalam TV. Salah satu gejalanya adalah garis-garis yang muncul.


Saran dari bapak tersebut adalah, selalu mencabut kabel power bila mematikan TV. Hal ini untuk mencegah aliran listrik terus mengalir ke dalam TV dan merusak komponen-komponen di dalamnya.


Saya bukan orang elektro, tapi penjelasannya masuk akal. Jadi tak ada salahnya untuk dicoba. Dan nyatanya berhasil. 😊

Share:

0 Tanggapan:

Post a Comment

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.