May 27, 2018

Blogger Keren ala Minimalist Blogger


Salah satu cara meningkatkan kualitas blog adalah, bergabung dengan komunitas blogging. Tujuannya, kita bisa belajar dari para mastah dan mbak tah dengan jam terbang tinggi di dunia blogging.


Selain itu, juga jadi sarana promosi konten-konten terbaru, yang pada akhirnya mendongkrak jumlah pengunjung blog kita.


Salah satu komunitas yang saya ikuti adalah Warung Blogger yang berisi lebih dari 6000 member. 


Ada banyak ilmu dan inspirasi yang sudah saya 'contek'  dan saya aplikasikan di blog saya. 


Dari desain blog, isi informasi di halaman About Me, sampai cara membuat tulisan yang informatif tapi enak dibaca. Bahkan hal teknis semacam SEO dan html pun bisa saya temukan di postingan-postingan  yang mereka bagikan di sini.


Tips-tips mereka, bermanfaat sekali untuk blogger awam seperti saya. Belajar dari blogger-blogger keren di Warung Blogger memang menyenangkan. Dan it's all fee. Yang diperlukan hanyalah kemauan untuk belajar.


Bicara soal blogger keren, di usianya yang ketujuh, Warung Blogger mengadakan kompetisi blog bertemakan Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren! lho, kamu ikutan juga kan?


Nah, karena tema yang diangkat kali ini adalah tentang blogger keren. Saya pribadi punya beberapa kriteria. 


Seperti apa sih blogger keren ala Minimalist Blogger? 




Kriteria #1 : Blogger Keren Mengutamakan Kualitas Konten

Saya rasa kita semua sudah familiar dengan nasehat yang satu ini, "content is king". 


Blogger keren concern dengan kualitas konten. Kenapa begitu? Karena blogger keren mengutamakan pembaca yang sudah meluangkan waktu dan perhatian untuk mengunjungi blog. 


Para pembaca yang datang, berharap mendapat sesuatu (inspirasi maupun informasi). Apa jadinya ketika pembaca tidak menemukan itu di postingan-postingan blog kita? Sama halnya dengan, apa yang kita lakukan ketika mengunjungi 

blog, lalu get nothing from it?


Mungkinkah mereka akan sering rajin mendatangi blog kita? 


Saya sendiri masih belajar menjaga kualitas konten yang saya buat. Satu pertanyaan yang sering saya tanyakan pada diri saya sendiri adalah, "Apa yang akan pembaca saya dapatkan atau rasakan setelah membaca postingan saya?" 


Memang sulit mengalahkan ego untuk posting tanpa memperhatikan manfaatnya buat pembaca. Dan saya masih struggle untuk itu.


Kriteria #2 : Blogger Keren Membuat Kontennya Terbaca

Saya pernah blogwalking ke sebuah blog yang judulnya clickable, dan isinya benar-benar 'daging' semua. Namun sayangnya, perlu extra effort untuk bisa menyelesaikan dan memahami betul-betul isi postingan tersebut.


Kalau saja si blogger memerhatikan sedikit saja, keterbacaan kontennya, tentunya konten tersebut dapat menjangkau lebih banyak orang. Terutama orang-orang seperti saya dengan tingkat kecerdasan nggak tinggi-tinggi amat.


Sesederhana menggunakan ilustrasi, mencetak tebal beberapa kata/kalimat, sampai menggunakan quote, cukup efektif membuat tulisan kita readable alias terbaca. Jangan tulisan mulu isinya.



Nah, jadi begitulah kriteria blogger keren versi Minimalist Blogger. Saya yakin kamu punya kriteria sendiri untuk menentukan Blogger Keren. Dan pastinya, kamu sudah melakukan apa yang Blogger Keren lakukan kan?


•••••


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik : Yuk Jadi Blogger Keren!


Last but not least, saya mau mengucapkan selamat ulang tahun yang ketujuh buat Warung Blogger. Terima kasih karena mempertemukan saya yang masih baru di dunia blogging ini dengan blogger-blogger keren yang jadi member di grup Facebook.



Bagikan:

8 comments:

  1. aku nulis masih suka-suka, apalagi kalau tulisan curhat hehehe. Belum keren lah pokonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Write with your heart, rewrite with your head...✍

      Gpp curhat mbak, tapi jangan langsung diposting. Diedit dulu supaya paling nggak, curhatannya mudah dibaca dan dipahami hehehehe....😁

      Delete
  2. Masya Alloh penjelasany runut. Berarti sbg blogger newbie aq masih banyak butuh perbaikan bang. Biar jadi blogger keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih jauh dari kata keren mbak. Yuk sama-sama belajar n improve dari blogger-blogger keren di Warung Blogger 😊

      Delete
  3. Write with your heart, rewrite with your head. Wah, suka sekali dengan kalimat itu, bang. Memang ada waktunya untuk bebas menulis suka-suka, tapi ada waktunya juga untuk edit mengedit yay. Btw, aku ikutan juga lomba ini. Kebetulan sudah gabung di WB cukup lama & tema lomba blognya menarik. Sukses ya. Semoga menang & makin semangat ngeblog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin...semoga tulisan sederhana ini bisa bermnfaat ya 😊

      Delete
  4. Wahhhhh terima kasih masukannya. Mau belajar lagi biar bisa jadi blogger keren.

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.