May 29, 2018

Yang Lebih Penting Dari Passion





Apa sih yang pertama kali kamu bayangkan ketika mendengar kata 'Passion'? Fun? Travelling? Sukses?

Kita tentunya familiar dengan quote ini,

"Love what you do, do what you love"

Sebuah kalimat yang buat saya paling sesuai untuk menggambarkan apa itu passion. Passion is about love, and love is a verb my friends. Passion itu adalah soal cinta. Dan yang namanya cinta tentu saja nggak sekedar di mulut doang alias Omdo dong.


Cinta adalah tindakan.
Seorang ibu yang rela bangun pagi demi menyiapkan asupan energi untuk suami dan anak-anaknya, itulah cinta. Seorang suami yang rela menempuh perjalanan pulang pergi dari rumah ke kantor supaya bisa menafkahi keluarganya, itulah cinta.

Cinta bukan sekedar melakukan hal-hal yang kita sukai. Tapi lebih dari itu. Cinta adalah tentang dedikasi, pengorbanan, demi apa yang kita anggap bernilai dan berharga. 


Blogging Sebagai Passion
Kembali ke Passion, saya berasumsi kalau kita sudah sama-sama sepakat kalau Passion is Love. Jadi, ijinkan saya bertanya sekarang, apakah blogging adalah passion-mu? Do you love blogging?

Bagaimana kita memperlakukan blog kita, konten-konten di dalamnya, sampai ke tampilannya, sebenarnya bisa kita jadikan tolak ukur kecintaan kita terhadap dunia blogging.

Ngeblog itu gampang-gampang susah, bahkan nggak jarang, ngeblog itu susah-susah-susah. 

Sudah nulis bagus-bagus...eh nggak ada yang baca. Udah pasang template keren, eh nge-hang gara-gara salah ngedit html. Udah promo konten ke mana-mana, tetep aja traffic nggak naik. Udah BW ke hampir semua blog, eh nggak ada yang BW balik.

Susah ya? Trus gimana? Pensiun dini aja yuk?

Pernah dengar quote ini?
"When you feel like quitting, remember why you started"

Saya mau modifikasi sedikit quote ini buat reminder kita sama-sama ya. More or less jadinya akan seperti ini:
"When you feel like quitting, remember the price you have to pay afterward"

Berhenti itu gampang. Apalagi setelah kita ingat alasan kita mulai ngeblog adalah supaya dapat duit atau popularitas, dan hasilnya nol besar. Pertanyaannya adalah, berapa harga yang harus kamu bayar ketika kamu berhenti?

Harga nggak selalu identik dengan uang. Waktu untuk membangun blogmu, menulis konten, dan lainnya. Ketika kamu memutuskan berhenti, apa konsekuensinya.

Jangan salah. Berhenti tidak selalu jelek. Kalau konsekuensi terus bertahan ternyata lebih berat daripada berhenti, maka berhentilah. It's okay. Nggak semua orang harus jadi blogger kok.

But at least, kamu tahu apa konsekuensinya, plus-minusnya. Bukan sekedar menyerah karena frustasi.






Passion itu cinta, dan cinta tak harus selalu memiliki. 
Kadang kita perlu juga melepaskan apa yang kita cintai demi sesuatu yang lebih besar. Kalau dengan ngeblog pekerjaan utamamu, atau keluargamu terabaikan, maka belajarlah untuk melepaskan.

Secinta-cintanya dan se-passion-passionnya kamu dengan blogmu. Selalu ingat, ada hal yang lebih penting dari sekedar passion, yaitu tanggung jawab.

Ini adalah proses pendewasaan diri. Ketika kita harus memilih mana yang akan kita pertahankan, pastikan bahwa hanya yang layak diperjuangkanlah yang boleh bertahan.


Love what you do and do it by passion.

Happy blogging kawan-kawan. Semoga secuil aksara ini bisa bermakna bagi kalian. 
Share:

18 comments:

  1. love what you do or do what you love. Pilihan yang sulit yah om.

    Salam inspirasi,
    sesuapnasi

    ReplyDelete
  2. Uda bw kemana2 ga ada yg bw balik. Sounds familiar. Ya gpp deh namanya juga jalan2 dan mampir kalo ada yang mo mampir balik sukur ga ya hempaskan

    ReplyDelete
  3. noted. Thanks for share.
    Tetap semangat menulis! 😊

    ReplyDelete
  4. berusaha mencintai apa yang telah dipilih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Victor...postingan ini terinspirasi dari tulisanmu tentang Passion loh 😊

      Nice one you got there.

      Delete
    2. Masa sih?, jadi malu,, wkwkwk

      Bicara passion memang selalu seru yah,, apalagi di postingan ini diidentikkan dengan cinta, jadi baper euy

      Saya juga jadi blogger karena ingin tulisan saya bermanfaat bagi orang lain, tetapi kok ya yang baca sedikit, eh ternyata saya promosinya kurang gencar, tulisannya masih 'alay detected', hehehe.. Akhirnya mencoba bergabung ke komunitas untuk mencari teman seperhobian dan belajar lebih jauh tentang ngeblog

      Menikmati prosesnya dan terus menjadi lebih baik seperti itulah cara kerja passion,

      Delete
  5. Ugh, tercerahkan, ini ngeblognya udah mulai merapikan niat lagi. Nulis untuk apa, apa yang ingin didapat.
    Terima kasih pencerahannya om. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  6. so sweet quote2nya ...aku dah bw lo ya? mmg nulis blog itu up n down. kdg juga sebel juga udh bewe tp blionya g bw balik. dulu sih bete bgt. tp sekarang udah biasa...anggap aja ngeblog itu menghibur diri.

    ReplyDelete
  7. Yes, I do.
    I ❤ blogging.

    Dengan ngeblogging, kita bisa membagikan artikel bermanfaat buat banyak pembaca.
    Selain itu juga jadi banyak kenalan.

    ReplyDelete
  8. saya ngeblog sekarang ini rasanya lebih terbayarkan dibandingkan ngeblog yang lalu. Lha kok bisa?

    Iya dulu bikin blog personal dengan tema amburadul dan kualitas tulisan masih rendah. Kalau blog primachandra ini saya akui tulisannya bagus, dan saya paling suka saat dirimu memilih judul tulisan. Sederhana, tapi selalu menarik untuk diklik.

    Sekarang saya blog pakai passion, apalagi terbayarkan dengan banyaknya komentar dan visitor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih apresiasinya mas Sabda...sepertinya saya masih perlu banyak belajar biar blog ini sekeren dan serama Blog Sabda nih 😊

      Delete
  9. Ya Allah suka ikh ama kata-katanya dan isi tulisannya pak. Cinta itu tindakan dan memang bener membangun sebuah blog itu nggak mudah apalagi soal konsistensi menulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Bun...semoga bermanfaat ya. 😊

      Delete
  10. Alhamdulillah saya ngeblog itu karena passion. Emang beda banget ya kalau sesuatu itu ngga dilakukan atas dasar cinta sama kerjaan itu. Pasti kerjaan jadi terbebani banget.

    ReplyDelete
  11. Saya ngeblog Karena duit sih, lol 😁😁😁😁😁

    ReplyDelete
  12. Saya ngeblog karena passion. Walaupun sekarang pasang adsense hihi, tapi tetap passion bahan bakar utamanya. Kalo bukan passion, akan sulit mampu bertahan ngeblog bertahun-tahun dikarenakan adanya harapan-harapan yang mungkin tidak tercapai dari ngeblog.

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.