Menu

12 July 2018

Nulis Aja Kok Ribet Banget Sih?

Setelah beberapa pekan 'disibukkan' dengan mainan baru saya, Instagram, agaknya gatel juga ini tangan mau nulis lagi di blog. Tapi, setelah lama nggak nulis di blog (ngeblog), ternyata penyakit perfeksionis saya kumat lagi.

Alih-alih mulai menulis, saya malah sibuk dengan hal-hal mendasar seperti: mau nulis apa, nulisnya gimana, bisa sampai 500 kata apa enggak, ilustrasinya pakai apa, dll.

Alhasil, proses menulis pun nggak mulai-mulai.

°°°°°

Beberapa menit yang lalu, saya baca-baca di sebuah blog tentang tips menulis. Tips ini ia dapatkan dari sebuah workshop yang dibawakan seorang blogger asal Magelang yang akrab disapa Gus Mul.

Dari 7 tips yang dibagikan, ada satu yang cukup menohok. Kenapa gitu? Karena tips itu sangat amat sederhana. Sangking sederhananya, sampai terlupakan.

Menulislah berdasarkan pengalaman sehari-hari.

Simpel toh?

Selama ini saya terlalu ruwet mikirin nulis apa, topik apa yang menarik, dan mengundang pembaca. Tapi lupa hal sederhana ini.

Kesempurnaan butuh waktu. Pertanyaanya, emang masih punya waktu?

Menjaga kualitas tulisan memang penting. Tapi kalau sampai terlampau perfeksionis dan ujungnya nggak mulai-mulai nulis, rasanya kok kurang bijak juga ya.

Itu menurut saya sih. Kamu punya opini lain?

Share:

2 comments:

  1. Gua menulis sedanya aja, keseharian gua dan apa yang ada diotak gua, hasilnya konyol hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee...sepertinya perlu dicoba

      Delete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.

Subscribe via Email

Minimal Blog

Designed by Anders Norén