Sep 3, 2018

Lejitkan Produktivitas Blogger Dengan Asus VivoBook Flip TP 410


Sejak mulai ngeblog di akhir 2017, sudah ada 100 lebih tulisan saya posting di blog pribadi saya ini. Walaupun secara kualitas belum sebanding dengan senior dan mastah, tapi secara pribadi saya cukup happy dengan pencapaian ini. Tentunya, masih banyak yang perlu diperbaiki termasuk belajar hal baru terkait dunia blogging.

Dari semua postingan saya, 90% di antaranya saya tulis, sunting, dan posting lewat media handphone. Bahkan sempat memproklamirkan diri sebagai blogger jempolan (ngetik pakai jempol). Hehehehe.

Satu-satunya alasan saya ngeblog lewat handphone adalah kondisi laptop yang tidak lagi mumpuni dari segi kecepatan dan fleksibilitas.

Secara fungsi (kalau sudah menyala) sih tidak ada masalah. Yang jadi masalah adalah supaya nyala, saya harus sabar menunggu 10-15 menit. Selain itu, karena keluaran lama bobotnya ampun-ampun. Plus, kabel daya harus selalu terpasang karena baterai sudah soak.

Pucuk Di Cinta, Ulam Pun Tiba

Beberapa waktu lalu, ketika lagi asyik scrolling Facebook, ada yang nge-share sebuah kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Asus dan Mbak Uniek (Mbak? Emang kenal hehehe).

Singkat cerita, saya kepo-in tuh aturan mainnya. Soalnya, hadiahnya nggak main-main. Pemenang pertama akan mendapatkan satu unit laptop Asus VivoBook Flip TP410 yang keren abis, pemenang kedua...hmmm, saya nggak perhatikan sih, soalnya niatnya mau jadi pemenang pertama hehehehe. Tapi pastinya nggak akan kalah keren lah.

Kenapa Saya Ikutan Kompetisi Ini?
Sejak aktif nulis di 2014 lalu, menulis sudah menjadi keseharian yang menyenangkan buat saya. Mulai mencari ide, menuliskan draft, menyunting, sampai memberikan sentuhan akhir berupa ilustrasi yang menarik dan informatif. Semua itu adalah proses yang sangat mengasyikkan.

Tentunya, peralatan yang memadai diperlukan agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Walaupun ketiadaan alat yang memadai tidak boleh jadi alasan (baca : alesan) untuk tidak berkarya, ya kan.

Tentang ASUS VivoBook Flip TP410 Yang Bikin Mupeng
Buat saya, ada beberapa fitur dari VivoBook Flip TP410 yang betul-betul bikin mupeng berat.

1. Desain Ramping, Stylish, dan Ringan

Ini adalah aspek pertama yang sukses bikin saya mupeng abis sama Laptop ini. Bagaimana tidak, laptop yang ada sekarang (yang masih menggunakan Windows XP ini) beratnya ampun-ampun. Laptopnya sih nggak seberapa, tapi baterainya ini lho. Sudah ukurannya jumbo, bobotnya pun mambo.

Alhasil, jadi mikir-mikir kalau mau dibawa ke mana-mana. Padahal, yang namanya ide kan bisa datang dari manapun, siapapun, dan kapanpun. Kalau tidak segera dituliskan, keburu hilang. Kalau sudah hilang, terus mau nulis apa?

2. Tampilan Nano Edge, Yang Nggak Nyiksa Mata

Sebagai blogger yang banyak menggunakan handphone untuk menulis dan menyunting tulisan. Tentu saja, ukuran layar handphone yang mini membuat mata jadi cepat lelah. Belum lagi ketika mengutak-atik ilustrasi dengan bantuan aplikasi seperti Canva.

Ukuran dan kerapatan warna yang tentunya kurang baik, berimbas pada kualitas ilustrasi yang dihasilkan pula.

Selain itu, jaman sekarang yang namanya blogger itu harus sangat kreatif bermain dengan konten visual. Karena hampir 90% manusia di dunia merupakan tipe visual. Jadi tak heran kan kalau Instagram yang rilis di 2010 itu kini sudah memiliki lebih dari 100 juta akun aktif.

Artinya, ini adalah jamannya konten visual.

3. Baterai
Sejatinya laptop itu dibuat agar si pengguna bisa lebih leluasa menggunakannya di manapun. Kalau pakai laptop tapi nggak bisa gerak bebas, gegara si lepi minta nyolok terus ke catu daya, mending pakai komputer desktop aja.

Baterai adalah salah satu yang bikin saya kepincut dengan si VivoBook Flip ini. Bagaimana tidak, saat terisi penuh, ia mampu bertahan seharian tanpa isi ulang. Jadi, nggak perlu lagi bingung cari colokan kalau lagi hangout di kafe, atau menghadiri event.

4. Kekuatan Engsel
Salah satu titik rawan laptop adalah kekuatan engselnya. Hal ini terjadi pada laptop saya dulu (sebelum laptop yang sekarang). Karena sering buka-tutup-buka, akhirnya engselnya ada yang pecah. Dan, si lepi harus opname selama 2 bulan.

Beberapa cara supaya engsel laptop awet adalah mengurangi frekuensi buka-tutup-buka atau tidak dibuka-tutup-buka sama sekali. Tapi pertanyaannya balik lagi, terus ngapain pakai laptop.

Untuk urusan engsel, VivoBook Flip sendiri sudah melalui pengujian sebanyak 20.000 kali. Artinya, perlu waktu bertahun-tahun supaya engsel laptop ini karam.

5. Tombol Backlit
Buat yang pernah ngalamin dikejar deadline, harus lembur, nyelesain laporan sampai malam. Namun, di satu sisi si kecil nggak mau tidur sendiri, dan nggak bisa tidur kalau lampu belum dimatikan. Tentunya paham betul gimana rasanya tengah malam mengendap-endap keluar kamar dan mulai merampungkan tanggungan.

Itulah yang saya alami dengan laptop saya sekarang. Bolak-balik typo gegara nggak bisa lihat tombol keyboard. Mau nggak mau harus ngerjain di luar kamar, dengan lampu menyala terang.

Benar-benar jauh dari kata fleksibel.



Buat saya, blogging adalah media menyalurkan passion dalam menulis dan berbagi kebaikan. Sejatinya, ngeblog lebih nyaman bila menggunakan PC atau laptop.

Fitur yang lebih kaya sampai ukuran yang lebih lega, membuat aktivitas ngeblog jadi lebih menyenangkan. Mulai menulis lebih cepat dan banyak, menyunting lebih akurat, sampai membuat ilustrasi maupun infografis menarik dengan lebih mudah.

Bayangan saya, dengan dukungan Asus VivoBook Flip TP410, saya bisa membuat konten yang tak hanya bermanfaat, tapi juga menarik untuk dibaca. Biar orang-orang nggak baca hoax mulu.

Prinsip saya, kalau kita tidak bisa menebar kebaikan...jangan lah menyebar keburukan. Bukan begitu?


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com
Share:

12 comments:

  1. Keren banget pokonya ASUS ini, oh seandaina saya bisa meminangnya

    ReplyDelete
  2. Kalo kita punya laptop seperti ASUS vivobook flip ini pasti bikin makin semangat ngeblognya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget...tapi jangan sampai ga ada laptop nggak ngeblog loh.

      😁

      Delete
  3. Iya nih, wajib ganti laptop dengan laptop ASUS Flip TP410 biar makin produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammin...moga2 dilancarkan program #2108GantiLaptopAsus ya

      Delete
  4. ngiler banget ye gan ngeliat flip ini, bikin jatuh cinta hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Gan...semoga segera bisa memangkunya ya Gan 😃

      Delete
  5. salah satu laptop impian karena bakal dukung hobi desain baju nih

    ReplyDelete
  6. kalau laptopnya fleksibel seperti ini bener2 bikin produktif dimana aja bisa kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya namanya laptop...kalao harus nancep, namanya desktop.

      Bukan begitu 😁

      Delete
  7. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.