Nov 20, 2018

3 Cara Mendapat Referensi Blogwalking

Blogwalking itu penting, tapi blogwalking ke mana?
Siapa yang setuju kalau blogwalking alias BW itu penting? Ada banyak manfaat dan faedah yang bisa kita peroleh lewat BW. Masalahnya, ke mana?

Pernah ngalamin yang seperti ini? 

Saya pernah. Dan ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan destinasi blog buat di-BW-in.


1. Gabung di grup Facebook
Awalnya saya gabung di grup Facebook seperti Warung Blogger, Blogger Crony, atau Blogger Aktif Menulis, niatnya satu...promosi blog saya.

Nggak kepikiran sama sekali buat BW atau sekedar lihat postingan seperti apa sih yang lagi in sekarang. Hehehe...egois ya.

Namun seiring berjalannya waktu, kadang saya scrolling beberapa postingan kawan-kawan bloger, dan kalau saya menemukan topik yang menarik, langsung meluncur ke TKP. Bahkan ada kalanya iseng mengunjungi blog yang jelas-jelas isinya 'nggak gue banget', seperti review kosmetik, lipstik, maupun bedak hanya sebatas kepo-in cara sista bloger membuat review.

2. Kunjungin balik bloger yang kasih komentar
Ada kalanya, kawan bloger mampir ke postingan yang saya share di grup Facebook, memberikan komentar, opini, maupun pengalaman mereka tentang topik yang saya bahas. 

Biasanya saya iseng klik profil dan main-main ke blog kawan-kawan ini.

Saya cari-cari postingan dengan topik yang sekiranya menarik menggunakan fitur pencarian atau pun mengakses arsip blog mereka. 

3. Tanya 
Ini cara lama tapi baru. Saya iseng-iseng nyontek cara beberapa kawan bloger yang ngupdate status kalau mereka mau BW. Kemudian mempersilahkan kawan-kawan bloger untuk meninggalkan url blog mereka di kolom komentar.

Saya menggunakan cara ini sembari mempromosikan esai saya soal kritik.

Buat saya, cara ini cukup efektif untuk menambah daftar tujuan BW saya. Bahkan, menurut saya kalian perlu sesekali 'mengundang' bloger lain untuk meninggalkan url blog mereka di medsos kamu. Karena kamu punya kesempatan lebih untuk berinteraksi dengan bloger lain. Sehingga networking kamu pun bertambah.

Plusnya, akan ada banyak sekali bloger yang share url blog mereka. Artinya semakin banyak pilihan BW buat kamu. Tantangannya, perlu spend waktu dan effort lebih buat berkunjung dan berbagi opini, pengalaman, maupun saran dan kritik kita terhadap postingan mereka.

Jangan PHP-in mereka yang udah share blognya buat kamu ya. Bisa jadi mereka nungguin loh. Nggak mau kan nanti kita terkenal sebagai tukang PHP. 

Okay, jadi itu beberapa cara yang pernah saya coba lakukan dan cukup berhasil menambah referensi blog-blog seru untuk dikunjungi. 


Nah, buat kamu yang mau BW, ada baiknya kamu lakukan beberapa hal berikut saat BW ke blog orang lain: Baca dan pahami dulu sebelum berkomentar

  1. Beri komentar sesuai dengan topik, bukan sekedar 'menggugurkan kewajiban'
  2. Beri input sebelum mengkritisi postingan mereka
  3. Jangan malu kasih komentar yang sedikit panjang (5 baris atau lebih), karena opini dan pendapatmu itu penting lho buat si bloger
  4. Jangan promosi blog kamu apalagi produk pembesar organ tubuh di kolom komentar (beneran, jangan!)
Okay, itu dulu sharing is berbagi dari saya. Selamat blogwalking dan kalau kamu punya cara lain, silahkan berbagi di kolom komentar. 

PS : Boleh juga tinggalin link blogmu😊


*****

Bagikan:

8 comments:

  1. BW menurutku penting banget... Selain untuk menambah teman juga bisa untuk menaikkan DA PA kita. Setuju dengan cara BW diatas kalau saya juga gabung di komunitas Menulis di fb juga di WAG yg memiliki jadwal BW yang rutin. Misal Senin BW, selasa InstaWalking dst . .Mksh yaa udh sharing artikelnya. ..mnatappp . .Slm Kenal... Monggo sy tggu mampir dirumahku: www.nyknote.com
    ....sy newbie. ..mksh

    ReplyDelete
  2. Wahh makasih tipsnya. Kadang bw itu kalau lagi senggang aja. Kalau ada waktunya..

    ReplyDelete
  3. kalo aku biasanya gini kak... ada komen temen-temen Blogger yang pake name/url disitu aku klik satu-satu, dan komen dah sesuai postingan... #jejakbiru

    ReplyDelete
  4. Saya kadang bw cuman pengin baca dan sedang tidak kasih komentar

    ReplyDelete
  5. blogwalking tuh ya bisa nambah temen. Itu sih yang aku rasain. Aku blogwalking karena aku punya banyak waktu luang sih hahahhaha.. gak ada kerjaan, ya asiknya baca2 blog orang trus dikomenin.

    ReplyDelete
  6. banyak hal yang gak tahu jadi tahu

    ReplyDelete
  7. Aku slaLu rutin BW. Sehari biasanya 10-15 blog. Pertama krn aku memang suka baca, kedua untuk belajar juga gimana cara penulisan review/cerita dari teman2 lain. Nambah kosakata baru kadang2.

    Caraku dapat link yang bisa di BW, kebanyakan krn ikut grub sih. Ato aku nebeng dari temen2 yang minta url untuk di BW, ya sudah aku ikutan klik linknya 1-1 :D. Dengan begitu, kadang nambah link baru yang bisa aku baca :) .

    ReplyDelete
  8. BAru tahu ada grup blogger aktif menulis. Inilah manfaat blogwalking bagi saya bisa nambah wawasan. Saya juga sering bw dengan melihat kolom komentar postingan orang lain. Saya sih random suka baca blog tentang apa aja.

    ReplyDelete

Semua komentar masuk akan dimoderasi terlebih dahulu.