Bunga Belimbing Wuluh, Solusi Alami Usir Batuk Berdahak


Pernah nggak ngalamin, anak atau keluarga kita batuk berdahak? Rasanya gimana gitu ya, kita sebagai orang tua dengernya.

Rasanya pengen segera sembuh supaya bisa makan es krim sama-sama lagi.

Biar cepet sembuh, apa sih hal pertama yang terlintas di pikiran kita? Kasih obat batuk aja, biar segera bisa beraktivitas seperti sedia kala. 

Pertanyaannya kalau kita ngasih obat :
  1. Pakai resep dokter atau beli sendiri?
  2. Kenapa pakai merk itu?
  3. Tahu nggak kalau sebaik-baiknya obat, itu punya efek samping?

obat-batuk
Pohon Belimbing Wuluh

Alternatif Obat

Saya beruntung menikahi seorang Apoteker. Istri saya ini, paling anti sama penggunaan obat. Latar belakang pendidikannya membuatnya paham betul plus-minus mengkonsumsi obat, termasuk mengenali isi obat. Jadi nggak cuma beli merk.

Ia percaya kalau tubuh punya kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Tubuh hanya perlu sedikit waktu, yang didapat dengan beristirahat (tergantung keparahan sakitnya juga sih). Ya, mirip seperti Wolverine di fim X Men.

Seperti halnya batuk berdahak.

Bunga Belimbing Sebagai Pengganti Obat

Siapa yang pernah makan sayur asem dengan buah belimbing wuluh sebagai salah satu bahannya?

Bunga belimbing
Bunga Belimbing Wuluh
Tahu nggak? Selain buahnya bisa kita nikmati di dalam sayur asem yang segar dan lezat. Ada bagian lain dari Belimbing Wuluh yang bisa kita pakai untuk mengobati batuk berdahak, yaitu bunganya.

Sejak Fabio masih kecil, kami selalu menggunakan sirup yang kami buat dari campuran bunga belimbing ini untuk mengobati batuknya. Alhamdulillah, nggak sampai 3 hari, dahaknya sudah bisa keluar.

Penasaran gimana cara buatnya?

Nanti saya kasih tahu, tapi sebelumnya saya mau jujur dulu. Sebenarnya nih, saya malas nulis topik ini. Karena, saya pikir ini kan resep warisan leluhur kita. Jadi harusnya sudah pada tahu semua kan? Terus ngapain saya mesti buat postingan ini?

Tapi ya sudah lah, kan blogging is helping by sharing dan sharing is caring selama kita selalu saring dulu sebelum sharing.

Cara Membuat Sirup Bunga Belimbing Wuluh

Mungkin beberapa orang punya cara sendiri dalam mengolah bunga belimbing ini menjadi sirup. Apa yang mau saya bagikan di sini adalah yang versi saya.

Pertama sebelum kita mulai, kita siapkan dulu bahan-bahannya, sebagai berikut :

  1. Bunga belimbing wuluh (boleh minta tetangga kalau nggak punya)
  2. Gula batu (harganya sekitar 5000 - 7000 rupiah, tergantung lokasi dan tokonya)
  3. Air secukupnya

Kedua pastikan alat-alatnya ready antara lain :

  1. Dandang
  2. Kompor
  3. Tabung LPG yang masih ada isinya dan terpasang dengan baik di kompor
  4. Mangkok tahan panas


Ketiga mari membuat :

  1. Cuci bersih bunga belimbing wuluh dengan air mengalir sampai jauh akhirnya ke laut
  2. Letakkan bunga belimbing wuluh beserta gula batu di mangkok yang sudah disiapkan
  3. Masukkan mangkok tersebut (jangan masukkin mangkok lain) ke dalam dandang yang sudah diisi air dan ditaruh di atas kompor
  4. Tutup dandang dan nyalakan api
  5. Tunggu kurang lebih 30 - 45 menit, hingga gula batu mencair dan menjadi sirup
  6. Sambil nunggu, kamu bisa baca-baca postingan di blog ini 
  7. Angkat dan dinginkan


Sirup bunga belimbing wuluh bisa disajikan hangat atau dipindah ke dalam botol kaca untuk disimpan di dalam lemari es.

Kesimpulannya

Obat itu baik, tapi alangkah baiknya kalau nggak pakai obat mengingat efek samping ke organ tubuh lain seperti ginjal dan hati.


Nah, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan memberi nilai tambah buat kamu. Kamu punya pengalaman lain dalam mengobati batuk tanpa obat? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya.


2 comments

  1. Kalau batuk baik saya atau anak-anak nggak dibiasakan minum obat batuk bahkan meski kami konsultasi ke dokter, obatnya nggak ditebus. Karena, setahu saya, cairan atau minum yang banyak diketahui lebih efektif mengencerkan dahak ketimbang obat batuk yang ada di pasaran, dokter juga bilang gitu, tapi tetap aja ngasih obat...hehe.
    Btw, dulu kalau di kampung halaman, di depan rumah ibu, ada pohon belimbing wuluh. Bunganya memang sering dipakai untuk obat batuk. Tapi, sejak di Jakarta, nyari belimbingnya aja harus ke pasar. Bunganya lebih susah lagi dicari.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah prosedurnya dokter seperti itu mbak. Selesai periksa harus kasih obat ya 😅

      Beruntung banget berarti saya ya, di sekitar rumah masih banyak pohon belimbing wuluh ini yg ditanam. 😊

      Delete

Post a Comment

Pages

© 2019

Prima G Chandra