Tuesday, April 16, 2019

Tips Membuat Tips


Salah satu postingan yang paling sering dibuat oleh kawan-kawan blogger adalah tips-tips tentang apapun. Mulai tips nulis, tips ngeblog, tips parenting, dan banyak lagi.

Terinspirasi dari blogger-blogger itu, di postingan ini saya ingin juga berbagi tips buat kamu semua. Tips yang mau saya bagikan adalah, tips membuat tips.

Pertama : Mulailah Dengan Topik Yang Kamu Kuasai

Semua orang punya hal-hal yang mereka kuasai. Bisa dari pekerjaan maupun hobi yang dilakukan terus menerus dan akhirnya menjadi sebuah keahlian.

Misalnya nih, karena kamu keseringan nulis akhirnya tanpa kamu sadari kamu bisa menyelesaikan 500 kata dalam waktu 15 menit.

Kamu bisa bagikan tips kamu menyelesaikan 500 kata dalam sekejap mata, siapapun bisa.

Kedua : Gunakan Topik Yang Sedang Kamu Pelajari

Saya bukan seorang master di dunia content writing. Saya hanya tertarik dan sedang belajar menekuni dunia tersebut.

Karena itulah saya menemukan beragam tips dan trik dari para content writer profesional.

Saya coba dan kemudian saya coba bagikan hal tersebut di postingan saya sebelumnya.

Ketiga : Lakukan Tips Tersebut Untuk Dirimu Sendiri

Jangan membagikan tips tentang sesuatu yang kamu belum pernah coba. Walaupun kamu sudah berniat, tapi selama kamu belum melakukan, sebaiknya jangan dulu.

Tapi, nggak perlu saklek banget juga.

Kalau memang kamu belum lakukan, alih-alih membuat tips membentuk perut six pack, gantilah kata tips dengan ide. Jadi, bukan Tips Membentuk Perut Six Pack, tapi 15 Ide Untuk Membakar Lemak Dan Memiliki Perut Idamanmu Sekarang.

Keempat : Personalisasi

Yang namanya tips itu bisa berhasil bisa nggak, tergantung orangnya. Tips yang kamu bagikan mungkin works on you, tapi buat orang lain mungkin hasilnya berbeda 180 derajat.

Jadi, kenapa nggak tambahkan sesuatu yang kamu banget. Seperti, Tips Nembak Cewek Ala Ferguso (anggaplah nama kamu Ferguso). Atau bisa juga, Jago Ngeblog Versi Maria.

Karena pada dasarnya tips darimu itu kan berangkat dari opini dan pengalaman pribadimu. Ya kamu nggak salah dong kalau ternyata tips itu nggak berhasil di orang lain.

Kelima : Beri Disclaimer

Analoginya gini. Semua orang bisa pergi ke Surabaya. Tapi apakah cara dan effort yang diperlukan oleh orang yang berangkat dari Jakarta sama dengan orang yang berangkat dari Maluku?

Tentunya nggak.

Sama halnya dengan tips yang kamu bagikan. Berilah disclaimer bahwa hasil yang diperoleh bisa berbeda. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan karena ngikutin tips kamu.

Walaupun dia nggak komplain, tapi masa iya kamu nggak merasa bertanggung jawab sama nasib mereka? Minimal feel bad lah.


Jadi, itulah tips membuat tips dari saya. Semoga bermanfaat dan kalau kamu punya tips lainnya, silahkan share di kolom komentar.

Bagi Ke Teman:

2 comments: