Proses Terbentuknya Kebiasaan

We are what we do repeatedly
membentuk-kebiasaan

Apa yang kita lakukan berulang-ulang membentuk kebiasaan yang pada akhirnya menjadi identitas kita.

Seorang perokok, adalah orang yang memiliki kebiasaan merokok. Seorang alkoholik, adalah mereka yang terbiasa menenggak minuman keras.

Saya sendiri pernah menghabiskan kurang lebih 10 tahun hidup saya menjadi seorang perokok, sampai akhirnya saya memutuskan berhenti dan sampai hari ini tidak pernah lagi menghisap sebatang pun rokok.

Berkaca dari pengalaman sebagai seorang perokok, saya melihat bahwa ada tiga tahapan yang saya lalui dalam membentuk kebiasaan merokok, dan pada akhirnya membuat saya menjadi seorang perokok.

Tahap Pertama : Terpaksa
Mungkin ini hanya terjadi pada saya, merokok bukan karena pilihan pribadi, melainkan karena 'terpaksa'.

Berada dalam lingkungan pergaulan para perokok secara tidak langsung memaksa saya untuk juga menjadi perokok. Saya butuh penerimaan lingkungan, dan sebab itulah saya berusaha menjadi seperti lingkungan saya.

Seperti pernah saya tulis sebelumnya, menjadi perokok itu tidaklah semudah dan sekeren kelihatannya.

Saya ingat sekali bagaimana siksaan yang harus saya tahan di awal merokok. Batuk-batuk dan tenggorokan terasa panas, nggak ada enak-enaknya blas. Tapi toh saya kuat-kuatin demi reward sosial.

Saya benar-benar memaksa diri saya hingga akhirnya saya sampai di tahap berikutnya.

Tahap Kedua : Menjadi Bisa
Awalnya terpaksa, akhirnya bisa. Tubuh saya mulai menyesuaikan diri dengan paparan CO2 yang saya masukkan terus menerus.

Akhirnya, saya bisa merokok dengan 'baik dan benar'. Tanpa batuk-batuk, dan mulai bisa merasakan nikmatnya merokok.

Karena sudah bisa, saya pun sampai ke tahap berikutnya.

Tahap Ketiga : Kebiasaan
Awalnya terpaksa menjadi bisa, akhirnya jadi kebiasaan.

Di tahap ini, merokok sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas yang tak terlewatkan. Bahkan rasanya ada yang kurang kalau sehari saja dilalui tanpa menghisap rokok.

*****

Jadi, seperti itulah tahapan-tahapan yang saya lalui untuk 'menciptakan' kebiasaan merokok. Proses yang sama pun saya lewati untuk menciptakan menghentikan kebiasaan merokok.

Terpaksa-Bisa-Biasa.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu melalui proses serupa saat menciptakan kebiasaan baru? Kebiasaan menulis atau ngeblog misalnya.

✒ : Prima G Chandra
📷 : Unsplash


4 comments

  1. benar ya kadang terpaksa jd kebiasaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah biasa mah asik aja, pas masih terpaksa itu lho yang setengah mati

      Delete
  2. aku juga mantan perokok mas. Pas berusaha untuk berhenti ngerokok, akupun ngelewatin tahapan2 td. awalnya susaaahhh byanget. kyk pusing kepala. tiap abis selesai jam kantor, biasanya aku ama temen2 ngerokok dulu di rooftop, sekedar ilangin pusing selama kerja. tp pas mau stop, aku tahan banget2 supaya ga ksana. Lama2pun jd biasa. sampe skr aku udh g kepikiran sedikitpun mau balik lg merokok :D. semua itu tergantung niat semuanya :D

    ReplyDelete
  3. kebiasaan yang terbentuk di diri saya, mulai berpikir dan ngomong sendiri pakai bahsa Inggris mas, awalnya karena belajar, sekarang sudah mulai terbiasa

    ReplyDelete

Post a Comment

Pages

© 2019

Prima G Chandra