Bikin Blog Baru, Apa Perlu?


Tanpa terasa sudah jalan 2 tahun saya ngeblog di blog ini. Beberapa kali eksperimen sudah pernah saya coba, mulai gonta-ganti template, mix match font, revisi judul blog, hingga menentukan tema blog.

Seru memang melakukan itu semua. Saya yang awalnya nggak tahu apa-apa soal pengkodean html, sedikit demi sedikit belajar dan...walaupun masih jauh dari kata expert, tapi cukup bisa lah.

Beberapa kali, sempat terlintas ide untuk memulai blog baru dengan niche yang lebih spesifik. Namun, ide tersebut selalu kandas oleh pertanyaan sederhana tapi sangat powerful...apa perlu?

Apa perlunya membuat blog baru? Memangnya kenapa dengan blog yang sekarang? Yakin bisa mengelola blog baru? Mau tetap menggunakan Blogger atau hijrah ke Wordpress?

Jujur, saya nggak bisa jawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Yang ada di dalam pikiran saya adalah, dengan membuat blog berniche, akan lebih baik. Karena banyak yang bilang begitu.

Namun, apapun 'katanya' tetap saja harus kembali ke diri saya sendiri. Yakin mau bikin blog baru? Soalnya ngeblog itu butuh konsistensi. Masalahnya konsisten itu sulit.

Lah wong ngurusin satu blog aja masih belum becus. Konten nggak selalu update, kualitas masih dipertanyakan, males blogwalking dan networking, lah kok malah mau bikin blog baru. Mau jadi apa?

Ngeblog itu nggak gratis. Sekalipun blogmu pakai nama domain gratisan (bawaan platform). Perlu waktu, tenaga, fokus, pikiran dan lainnya).

Alhasil, sekali lagi untuk yang kesekian kalinya...saya urung membuat blog baru.

6 comments

  1. Kirain cuma saya yang selalu bingung perihal ngeblog, terlalu banyak mikir ini itu, padahal tinggal fokus nulis aja ya ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...y udah, mari menulis kembali

      Delete
  2. Tidak mudah untuk mengurus blog lebih dari satu. Apalagi dalam hal penyajian konten. Daripada mandeg semua, lebih baik mengurus satu blog sampai berkembang dan menghasilkan.

    ReplyDelete
  3. saya malah udah bikin blog baru mas, udah beli hosting n domain, eh malah ga keurus, kayaknya saya juga ga mampu, fokus ke 1 blog, tapi bener2 dimaksimalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit ya...apalagi dengan kesibukan lainnya.

      Delete

Post a Comment

Pages

© 2019

Prima G Chandra