Share Link Jadi Networking, Secuil Kisah Bersama Warung Blogger



Dua hal yang saya lakukan di awal memulai blog adalah, membuat akun Facebook baru dan bergabung dengan grup blogger di Facebook.

Alasan saya membuat akun Facebook baru, waktu itu mikirnya sebagai blogger (halah...) berarti saya perlu membuat diri saya menjadi publik. Artinya postingan-postingan saya nantinya akan bisa dilihat, dikomentarin, di-share (walaupun jarang), banyak orang.

In short, semua orang bisa tahu apapun tentang saya.

Jadi, daripada keselip jari-jari nakal yang ngublek-ngublek isi Facebook saya, ya udah sekalian aja bikin akun baru yang go public.

Dan di akun ini, rule saya cukup simpel: tidak memposting foto pribadi dan wajah keluarga saya.

Tahu sendiri gimana kreatifnya orang-orang jaman sekarang kan. Nah, daripada daripada, mendingan mendingan. Mencegah lebih baik daripada tidak mencegah.

Langkah berikutnya setelah membuat akun Facebook baru adalah bergabung dengan grup Facebook khusus blogger.

Cukup banyak grup blogger yang saya jabanin. Dari grup internasional, hingga interlokal. Mulai yang membernya ribuan, sampai yang jumlah membernya menyedihkan.

Salah satu grup itu adalah Warung Blogger.


Jadi Warga Warung

Saya lupa pastinya, ini saya di-invite teman atau saya yang daftar sendiri. Tapi singkatnya saya pun gabung jadi member grup blogger ternggenah yang pernah saya jabanin.

Walaupun salah satu agenda saya gabung dengan grup blogger adalah sebagai cara instan mendapatkan pengunjung blog, jarang sekali saya menemukan di grup ini, member yang nge-share link-nya pamrih.

Di grup lainnya...ampun dah. Dari yang maksa minta blognya dikunjungin dengan iming-iming dia akan kunjung balik, minta orang ngeklik iklan di blognya (lah lapo...), sampai nge-spam postingan iklan.

Itulah yang membuat saya nyaman berlama-lama di Warung, main-main ke blog Warga Warung.

Banyak hal yang saya dapat sejak gabung bersama kawan-kawan Warga Warung yang budiman dan gunawan.

Dari belajar teknik dasar nulis, etika ngeblog, sampai hal lainnya di luar blog dan kepenulisan seperti, networking.

Awalnya Share Link Jadi Networking

Ada beberapa kesempatan, saya dimintain bantuan buat sekedar ngunjungin sebuah blog dia karena blog tersebut ikut sebuah kompetisi. Nggak tahu juga kompetisi apaan, lah wong saya waktu itu masih baru.

Selain itu, ada juga momen ketika saya hendak membeli template blog, saya bertanya sama salah seorang Warga Warung (sebut saja namanya Sabda) yang punya pengalaman serupa.

Lewat japri di Facebook, saya tanya-tanya dan meminta saran. Dan, dia juga nggak pelit lho buat berbagi pengalaman ke saya.

Ada juga saat ketika saya lagi galau mau boyongan dari Blogger ke Wordpress. Saya banyak tanya ke mas Febriyan Lukito tentang apa-apa yang perlu saya tahu tentang Wordpress.

Walaupun in the end, saya perpanjang kontrak dengan Blogger, nggak jadi boyongan (sori mas Feb).

Terakhir yang barusan aja terjadi, adalah tanya-tanya tentang travelling dan segala macam tetek bengeknya seperti mengurus paspor.

Saya banyak banget dibantu sama mbak Fanny yang sudah memiliki jam terbang tinggi untuk urusan travelling.

Walaupun, plan-nya berantakan gegara kesandung kasus tiket pesawat 😧.

Kesentil

Banyak banget sih faedah jadi member Warung Blogger buat saya.

Karenanya jadi agak guilty feeling waktu beberapa hari lalu dapat sentilan dari mas Yos Mo soal Warga Warung yang 'hanya' share link tapi minim interaksi.

Ya memang sih, saya pribadi sering menjadikan Warung Blogger sebagai traffic booster, soalnya kemungkinan link yang saya share dikunjungin orang itu lebih besar kalau share-nya di Warung.

Lagian, kayanya cuma blogger yang visit dan komen kan. Hehehe...soalnya saya dulu sebelum ngeblog, bolak-balik main ke blog orang ya nggak pernah komen 😁.


Kalau Besok Warung Tutup

Jadi ya begitulah cerita saya bersama Warung Blogger.

Sempat terpikir, kalau besok Warungnya tutup...kira-kira gimana nasib saya ya. Nggak minta apalagi ngedoain sih, tapi seperti kata Ariel: Tak Ada Yang Abadi

Last but not least, makasih buat Warung Blogger yang sudah memberi banyak hal buat saya sebagai blogger maupun secara pribadi.

Mungkin tulisan ini lebih cocok diposting waktu HUT-nya Warung, dengan catatan saya panjang umur. Berhubung nggak tahu 'meterannya' tinggal berapa, jadi saya posting sekarang aja.


16 comments

  1. Hahaha..
    Jadi itu alasannya mengapa beberapa orang nggak mau pajang fotonya di medsos.

    Iya juga sih, orang-orang zaman now, kreatifnya keblabasan seringnya hehehe.

    Untungnya saya nggak cantik2 amat *uhuk.. , jadi nggak pernah disalah gunakan fotonya :D

    Eh tapi pernah sih, saya nemu foto dari IG saya dipakai buat blog orang lain, tapi never mind, dia kasih sumber dan fotonya masih nggenah hahaha.

    Btw, saya juga sudah lumayan lama gabung di Warung Blogger, setelah baca ini jadi kesentil lagi, betapa sekarang jarang share link di sana, eh di hampir semua grup FB sih.
    Padahal masih intens posting blog :D

    Jujur, saya gabung di beberapa grup blogger di FB, dan memang ada beberapa grup yang isinya 'seram' gitu, semacam toxic meski nggak semuanya juga.

    Dan iyes banget, sangat setuju..
    Di Warung Blogger isinya lebih 'bonafid' sih, karena orang yang share link, bener-bener ngeshare aja.
    Bukannya 'ngemis' minta dikunjungi hahaha.

    Dan, ilmu-ilmu ngeblog dari warung blogger juga sangat bermanfaat, setiap diskusinya berbobot
    Mungkin juga karena memang pertanyaannya berbobot.

    Apapun itu, asal jangan bobot BB saya yang bertambah, cukup bobot kecehnya warung blogger yang semakin nambah, seiring nanti usianya bertambah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencegah lebih baik kan mbak 😊

      Kalau foto saya sih, saya nggak kuatir...yang saya jaga bener2 ya foto anak dan istri.

      Bisa kenal dan belajar banyak dari mbak Re ini juga salah satu yang saya dapat dari Warung Blogger.

      Delete
  2. Untuk foto aku juga udah ga senarsis dulu wkwkwkwk malahan ada album FB yang aku private. Sekarang sebenernya pengen ga posting muka aku, anak atau keluarga cuman krn tuntutan buzzer product yo wis deh ga bisa :p

    aku juga masih sharing link di WB, alasannya suka aja banyak responnya dibanding dengan grup FB lainnya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhaa...ya sud mbak, resiko profesi 😃

      Delete
  3. Saya jarang blogwalking karena buanyak urusan soal kepindahan ditambah malah banyak request tulisan seputar hal gaib jadi fokus ke tujuan itu. belum masalah sinyal odong2 duuh itu ganggu bener.

    Jadinya setelah dah pindah dan kelar segala urusan mau blogwalking tiap hari pun jadi.

    Nah iya saya di grup lain ditodong buat berkunjung ke blog mereka juga klik iklannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngalamin juga ya mam...ketemu orang2 agresif kaya gitu. 😊

      Delete
  4. Saya enggak gabung dengan WB, tapi Alhamdulillah di grup lain belum pernah nemu yang seagresif Mas Ariel Noah, padahal saya mau banget lho diagresifi dia ..lhoooh...apa ini sihh..???!!! Xixixi...

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mas tadi kunjungannya :) ternyata bener blog sampaian keren meskipun di awal berfikir, nie blog apa kok di halaman utama kosong, niat nggak orang nie ngeblok kwkwkwkw, ternyata menu-nya di bawah & keren sorry soalnya baru liat halaman blog yg cuma satu kolm hehe.

    Kalau masalah Grub WB, ane juga termasuk penduduk tua hehe, mungkin juga uda ubanan di WB karena bergabung sekitar 2012-an Waktu tu bergabung juga dg Grub Kancut keblinger adminnya Pok Pina yg sekarang sudah nggak aktip, sampe ganti blog 2 kali saya masih setia di wb.

    saya juga heran dari dulu grub WB padahal setiap posting tidak di moderasi admin, tapi pendudukna sopan2 ya, misalnya nggak ada yg ngiklan jualan adsen, atau posting spam, karena mungkin penduduknya sudah pada tua kali ya jadi ngak aneh2 hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...saya belum tua2 amat mas, walaupun dibilang muda juga ga cocok 😅

      Nah itu, heran kan...ga pake moderasi tapi tetap tertib.

      Bangga deh jadi Warga Warung.

      Delete
  6. uwaaahhhhhh mas primaaa, kamu ga jadi pergikaaah??? kesandung masalah tiket kenapa? sayang banget :( .

    iya aku baru inget kemarin kan kamu bilang berangkatnya juli yaaa...

    duuuh aku sampe lupa kapan prtama gabung ama WB :D. tp kalo ga salah lwt twittet duluan. trus akukan udh males twitteran, jd ga prnh lg share tulisan lwt wb di twitter. Baru tau WB ada di FB, lgs deh share link nya lwt situ mulu.. :D.

    slama ini aku udh ga mikirin lg sih, apa bakal banyak diLike ato dibaca tiap kali sharing tulisan baru di WB. Pokoknya ttp sharing aja, dan akunya ttp rutin BW dari tulisan2 yg ada di WB :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget emang mbak...tar deh aku compile jadi satu postingan.

      Emang seru mlaku-mlaku ke blog warga warung, banyak dapet manfaat.

      Delete
  7. Ku juga member warung blogger, tapi gak gabung di grup FB nya.. hoho kayaknya seru juga ya gabung grup fb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget...nambah pinter & temen cuma sebagian dari seabrek benefit gabung jadi Warga Warung.

      Delete
    2. Sebenarnya saya juga udah gabung dari 2016 di warung blogger, tapi karena kerja di akhir tahun itu, blog saya terbengkalai, baru aktif sebulan belakangan ini.
      Salam kenal yah mas.

      Delete
    3. Salam kenal mas Zaki.

      Delete

Post a Comment

Pages

© 2019

Prima G Chandra