365 Hari Ngonten, Apa Perlu?


Kemarin saya menerima sebuah email dari Kadika, founder Impactful Writing. Kebetulan beberapa hari sebelumnya saat lagi asyik scrolling IG, ngelihat iklan tentang Impactful Writing ini.

Singkat cerita, saya subscribe ke web ini dan alhasil, saya terus menerima email-email dari Kadika, baik itu promo produk mau pun update blog...opt in istilahnya kalau nggak salah.

Nah, kemarin ini email yang saya terima kebetulan bukan promo produk melainkan update artikel blognya Kadika.

Di artikel tersebut, Kadika memaparkan beberapa tips agar bisa konsisten membuat konten IG setiap hari berdasarkan pengalaman pribadinya.

Dari tips-tips yang dia bagikan, ada satu tips yang buat saya pribadi cukup ngena.

It starts with my mind

Jujur aja, ikhtiar ngonten tiap hari demi sebuah so called konsisten ngeblog itu pernah saya lakukan saat join komunitas ODOP. Dan, I failed.

Menjaga konsistensi itu memang sulit. Walaupun sudah bukan rahasia lagi kalau yang namanya konsisten itu penting.

Nah, dari pengalaman gagal bolak-balik konsisten ngeblog ini, by default otak saya sudah ngeset alarm kalau ngeblog tiap hari itu adalah sebuah hil yang mustahal. Alias nggak mungkin.

Udah kerjaan seabrek-abrek, mikirin biaya sekolah anak yang tak sejalan dengan jumlah transferan dari kantor, belum lagi ditambah ini dan itu yang bikin pening pala berbi. Ditambah lagi harus ngonten saban hari, yang sudah barang tentu menyita waktu dan pikiran.

Ternyata, kalau dari tulisan Kadika, mindset ini penting buat diperbaiki. Bagaimana kita memandang diri kita sebagai pembuat konten yang konsisten itu perlu dibangun.

Kalau belum-belum sudah berpikir nggak akan bisa, ya niscaya nggak bisa. Lah gimana, belum-belum dirinya sendiri udah dicap kaya gitu.

Maka dari itulah, saya mau coba nih tips Kadika untuk mengubah mindset 'nggak bisa ngonten tiap hari' menjadi 'mudah ngonten tiap hari'.

Action Plan

Lalu, langkah berikutnya yang saya mau coba lakukan adalah menyederhanakan proses ngontennya.

Bikin konten yang simpel, nggak usah ndakik-ndakik mikirin SEO, Google Rank, jumlah view, jumlah huruf, dan sebagainya.

Make it simple and fun.

Dibikin asyik aja. Lagian ngeblog buat saya sekedar hobi buat melepas penat. Bukan profesi demi sesuap nasi. Jadi, ya sudah keep it simple and fun aja.

Will this work? Ya we'll see.

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

Post a Comment

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

Previous Post Next Post