Sudah Terlambat?

Terlambat...

Pernah nggak terpikir untuk memulai sesuatu, tapi rasanya udah terlambat?

Alasannya macam-macam. Mulai dari usia yang nggak muda lagi hingga merasa harusnya mulai dari dulu, ketika  kesempatan masih terbuka lebar.

Saya pernah. Sering malah.

Kayanya mau belajar hal baru itu kok sia-sia, karena saya udah ketuaan atau telat mulainya. Seandainya saya mulai dari dulu, tentunya saya bisa berhasil. Tapi kalau sekarang.... .

Biasanya, saya mencoba mengingat tokoh-tokoh terkenal macam Opa Sanders, yang sukses memulai bisnis KFC-nya di usia yang cukup belia, 60 tahun. Itu pun setelah penolakan demi penolakan yang ia terima saat berusaha menawarkan formula rahasianya.

Dan karena usia saya belum semuda Opa, rasanya mengibarkan bendera putih untuk memulai hal baru kok bukan suatu hal yang bijaksana ya.

Jadi, ya sudah mulai aja dulu.

Tapi kan terlambat. Ya kalau memang udah terlambat, opsinya tinggal 2: ngebut atau realistis dan berpaling ke alternatif lainnya.

Ya iya dong, kalau udah nyadar terlambat, salah satu pilihan untuk bisa catch up ya ngebut kan. Masa iya, udah tau telat masih leha-leha.

Harus masuk kantor jam 8, eh jam 7:45 baru berangkat dan harus menempuh perjalanan sejauh 30 menit. Ya kalau berangkatnya pagian, oke lah jalan dengan kecepatan normal. Namun, kalau berangkatnya kesiangan ya mau nggak mau, suka nggak suka terpaksa harus Rossi Mode : ON.

Atau, opsi lainnya adalah realistis menerima kenyataan dan mencoba melihat alternatif lainnya. 

Misalnya, izin datang terlambat tapi komitmen untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor lebih cepat tanpa mengurangi kualitas hasil kerjanya.

Intinya, berjuang dengan menambah kecepatan. Atau berkorban dengan mencari alternatif lain yang lebih realistis dan komitmen untuk mengejarnya.

Bagaimana menurutmu?

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

Post a Comment

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

Previous Post Next Post