Di dunia blogging konsisten itu penting. Namun sepenting-pentingnya, konsisten di dalam ngeblog...ngaku aja deh, kamu pasti suka bolong kan ngeblognya?


Kabar baiknya, kamu nggak sendiri. Buktinya, coba deh searching tips konsisten ngeblog. Kan tar muncul buanyaaak artikel dan blog post dengan topik konsisten ngeblog.

Nah, saya yakin di artikel-artikel yang kamu bisa cari lewat simbah Gugel, sudah ada 101 tips yang bisa kamu coba terapkan.

Jadi, saya nggak mau buang-buang waktumu dengan menuliskan 102 tips konsisten ngeblog. Lah wong yang 101 aja belum tentu udah dilakukan semua toh?

Saya lebih suka membagikan 3 hal yang kamu perlu punya agar konsisten ngeblog bukan cuma target yang selalu meleset.

1. Kesempatan

Ngeblog itu perlu waktu, waktu itu bisa didapatkan saat ada kesempatan. 

Kalau nggak ada kesempatan gimana? Ya disempatkan.

Coba cek ulang jadwal harianmu dan plotkan 30-60 menit untuk ngeblog. Kunci agendamu hanya untuk ngeblog. Bisa menulis blogpost atau blogwalking ke blog sebelah.

30 menit itu too much? Nggak apa-apa. Mulai aja dari yang kamu bisa. Kalau bisanya 10 menit, ya udah 10 menit.

Nah kalau waktumu nggak banyak, ada baiknya kamu punya konsep dulu tentang apa yang mau kamu tulis.

Kalau bisa punya outline lebih bagus. Namun, satu ide pokok pun sudah cukup kok untuk memulai.

2. Kemampuan

Selain kesempatan, kamu juga perlu kemampuan untuk mulai ngeblog. Kemampuan ini nggak melulu hanya keterampilan menulis, tapi juga alat-alat pendukung seperti laptop, gawai, dll.

Karena seringkali nih, ide itu datangnya semena-mena. Datang berhamburan kok ya pas lagi nyetir, atau ketika ga pegang gawai, atau laptop ngadat.

Giliran mampu, semua alat, waktu dan tempat tersedia...lah kok malah nggak ada ide.

Terdengar familiar?

Makanya, selalu bawa bolpen dan catatan kecil ke mana-mana. Kadang yang manual itu lebih bisa diandalkan daripada yang digital.

3. Kemauan

Lah ini, tantangan terberat seorang narablog...mood.

Sempet, mampu, tapi ga mood. Ya sudahlah lupakan itu konsisten ngeblog. 

Cobaan seorang narablog ya gitu memang. Pas udah sempet dan mampu, ndilalah pas si doi lagi live di IG, atau kok ya pas ada flash sale, atau mendadak topik ghibah di WAG pas lagi hot-hotnya.

Padahal di saat itulah momen terbaik untuk ngeblog. Terus setelah momen itu berlalu, akhirnya nyesel dan berharap waktu terulang atau minta kesempatan kedua.

Dan begitu seterusnya.

Kesimpulan

Itulah 3 hal yang sebaiknya seorang narablog miliki agar bisa konsisten ngeblog:
  1. Kesempatan
  2. Kemampuan
  3. Kemauan
Sedikit ide tentang kenapa sih kamu perlu konsisten ngeblog. Coba bayangkan apa jadinya ketika ada pengunjung blogmu yang termotivasi, terinspirasi atau tergerak untuk mencoba hal baru setelah membaca tulisanmu.

مَاشَآءَاللّهُ

Nah, cuma hal itu nggak akan terjadi kalau kamu masih terus menunda dan menunda untuk menuliskan postinganmu.

Jadi, kenapa nggak mulai yuk nulis. Allahu Alam, kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi kalau kita nggak coba kan?

😊