Minggu lalu, setelah menunggu sekian purnama, akhirnya tibalah giliran istri saya menerima vaksin C19 yang pertama kalinya. 

Sumber : Kompas

Walaupun pemberian vaksin ini bukan jaminan kita akan kebal terhadap serangan pandemi ini, tetapi ini merupakan salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan selain tertib menjalani protokol kesehatan (prokes).

Setelah beberapa hari istri saya menerima vaksin, saya bertanya apakah ia sudah menerima sertifikat vaksin. Biasanya tautan untuk mengunduh sertifikat itu dikirim melalui SMS dari nomor 1199.

Namun, ia menjawab kalau belum menerima SMS apapun. Kami sama-sama memeriksa SMS dan benar, tidak ada SMS  dari nomor 1199.

Kemudian saya coba mencari informasi dengan kata kunci 'belum terima vaksin covid' dan menemukan bahwa ternyata, kejadian SMS terlambat ini umum terjadi. Namun, kita bisa kok mengunduh sendiri sertifikat vaksin covid kita dengan mengakses pedulilindungi.id

Cara Unduh Mandiri Sertifikat Vaksin Covid

Hari ini, Alhamdulillah saya berhasil mengunduh sertifikat vaksin covid untuk istri saya. Di sini saya akan coba bagikan langkah-langkahnya yang saya lakukan dari registrasi hingga mengunduh sertifikat istri saya, semoga bermanfaat.

1. Registrasi

Sebelum memulai, ada baiknya kamu siapkan dulu KTP-mu. Karena nanti kamu perlu memasukkan nomor KTP-mu untuk registrasi.

Lalu langkah awal yang saya lakukan adalah mengakses tautan pedulilindungi.id dan melakukan registrasi (gambar 1).

Gambar 1

Untuk registrasi yang penting tampaknya adalah nomor telepon yang kamu daftarkan saat vaksinasi. Karena untuk kolom nama, walaupun yang diminta adalah nama lengkap, tapi saat saya coba registrasi dengan nama panggilan saja, tidak ada masalah.

2. Unduh Sertifikat

Setelah proses registrasi selesai, selanjutnya klik ikon profil dan pilih sertifikat (gambar 2). Nantinya kamu akan diminta memasukkan nomor KTP-mu.

Gambar 2

Lalu pilih sertifikat vaksin (gambar 3) dan klik nama yang mau kamu unduh sertifikatnya. 

Gambar 3

Dan, kamu akan menemui sertifikat yang mau kamu unduh (gambar 4). Kalau kamu sudah menyelesaikan 2 sesi vaksinasi, kamu bisa melihat 2 sertifikat yang bisa kamu unduh. Namun, kalau baru 1x vaksin, ya tentunya sertifikat vaksinnya cuma 1 ya.

Gambar 4

Setelah itu, kamu tinggal klik kanan pada mouse-mu dan klik simpan gambar.

Menyimpan Sertifikat Vaksin

Setelah sertifikat berhasil diunduh, langkah berikutnya adalah menyimpannya di tempat yang aman. Ada beberapa opsi menyimpan sertifikat vaksin yang bisa kamu pilih antara lain:
  1. Simpan di memori gawai;
  2. Simpan di Google Drive; atau
  3. Cetak kartu dan simpan di dompetmu
Saya pribadi memilih opsi kedua karena menurut saya lebih ringkas. Saya bisa akses kapan pun saya mau hanya dengan mengakses ke akun Google Drive saya. Ya walaupun tetap saja ada minusnya, kalau-kalau daya gawai saya tiarap alias tewas, ya sudah nggak bisa diakses. 

Penutup

Jadi itulah, pengalaman saya mengunduh mandiri sertifikat covid. Semoga bermanfaat dan kalau ada yang kurang....feel free buat nambahin ya.

Stay safe, stay health.