Beberapa hari ini, saya mulai jarang mendengar woro-woro dari masjid dekat rumah yang mengabarkan berita duka. Alhamdulillah, semoga saja ini pertanda baik dari ikhtiar kita menerapkan prokes ketat di dalam keseharian kita.

Unsplash
Walau demikian, kita jangan sampai lengah dan lelah untuk menjaga prokes demi orang-orang yang kita sayangi.

Memang wabah pandemi ini sedikit banyak mengajarkan saya tentang pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari menjaga asupan nutrisi hingga yang paling jarang saya lakukan belakangan ini, olahraga.

Beberapa pekan lalu saya mencoba untuk lari pagi bersama keluarga, buat jaga kondisi lah, Nah, sebagai seorang mantan finisher lomba lari 10K, performa saya pagi itu benar-benar mengecewakan. Baru lari beberapa meter, sudah ngos-ngosan.

Ya, mungkin karena udah lama nggak olah raga sih, dengan sejuta penjelasan alesan, mulai kesibukan di kantor yang membuat badan sudah lelah saat sampai di rumah dan banyak lagi.

Kenapa Sih Perlu Olahraga?

Ya saya tahu olahraga itu baik untuk tubuh, tapi memang sepenting apa sih olahraga buat tubuh saya dan kamu tuh? Berikut ini adalah 5 manfaat olah raga menurut Dr. Kevin Adrian dari situs ALODOKTER:
  1. Memperbaiki suasana hati. Apa hubungannya olahraga dengan suasana hati ya? Well, jadi gini ternyata, saat kita berolahraga tubuh akan terstimulasi untuk membentuk zat kimia seperti serotonin dan endorfin yang bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan santai.
  2. Menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur, efek sampingnya adalah kita dapat menjaga berat tubuh tetap ideal, sehingga secara tidak langsung membuat kita lebih percaya diri terhadap penampilan kita.
  3. Mengatasi stres. Guess what, dengan rutin berolahraga, kita bisa mengurangi pembentukan hormon stress seperti kortisol, adrenalin dan noripinefrin.
  4. Membuat tidur lebih nyenyak. Buat kamu yang selama ini sulit tidur atau sering terbangun tengah malam, olahraga teratur bisa jadi salah satu ikhtiar untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi itu.
  5. Mengembalikan gairah seksual. Merasa kelelahan dan kurang bergairah saat 'bersama' pasangan? Aktivitas fisik seperti olahraga rutin dan teratur ternyata bisa meningkatkan libido dan menurunkan risiko terjadinya disfungsi ereksi lho. 

3 Ide Olahraga Rumahan Untuk Orang Sibuk

Ya, ya, olahraga memang penting dan bla..bla..bla.., tapi saya ini nggak ada waktu buat olahraga. Boro-boro olahraga, tidur 8 jam sehari saja merupakan kemewahan buat saya.
3 Super Simpel Workout Untuk Orang Sibuk
Ada yang senasib sepenanggungan dengan saya? Berasa kaya waktu 24 jam sehari itu kurang, mana ada waktu buat olahraga.

Memang kalau kita mengartikan olahraga sebagai aktivitas yang perlu waktu banyak seperti lari pagi, sepak bola, basket, dan sejenisnya, belum mulai udah mager duluan. Namun, olahraga itu nggak harus seheboh itu kok.

Berikut ini saya mau share ide olahraga super simpel yang bisa kamu lakukan #dirumahaja dengan waktu tidak lebih dari 15 menit.

1. Push Ups

Push ups merupakan salah satu workout favorit saya. Selain simpel, gerakan ini juga nggak perlu peralatan yang mehong-mehong. Tinggal tengkurap dan mulai deh.

Dengan push ups, kita akan melatih otot dada, trisep, dan perut.

2. Squats

Workout favorit saya yang kedua adalah squats. Kalau push ups tadi sasarannya adalah otot bagian atas, kalau squats ini yang ditembak adalah otot paha dan betis.

Oya, pengalaman saya nih, kalau kamu mau tahu apakah gerakan squats-mu udah benar atau belum, caranya mudah. Kalau waktu squats yang berasa sakit/ketarik adalah lututmu, berarti gerakanmu salah. Karena seharusnya yang berasa sakit itu pahamu,

3. Pull Ups

Gerakan pull ups ini ada 2 jenis yang saya tahu. Kalau kamu sudah biasa melakukan pull ups, kamu bisa melakukan versi standar dari gerakan ini. Namun, kalau kamu masih pemula, kamu bisa mulai dengan kipling pull ups atau jumping pull ups.

Memang untuk gerakan ini, kamu perlu alat bantu berupa pull ups bar. Namun, kalau nggak ada, kamu bisa juga kok pakai kusen kamar.

Kesimpulan

Olahraga itu ternyata penting banget ya. Dan yang terpenting, olahraga itu ternyata perlu ribet dan time consuming sebanyak yang kita kira. Ada olahraga yang bisa kita lakukan di rumah, dan cuma perlu waktu nggak lebih dari 15 menit, atau setara dengan 1% dari total waktu kita seharian.

Setelah selesai olahraga, jangan lupa jaga asupan vitamin dan nutrisi kamu ya. Biar nggak perlu keluar-keluar rumah di masa pandemi seperti sekarang ini, kamu bisa menggunakan aplikasi online seperti Superapp, terutama kamu yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya.

Jadi walaupun #dirumahaja kamu dan saya tetap harus jaga kesehatan ya. Dan, semoga setelah ini nggak ada alasan lagi buat kita untuk malas gerak ya. Buat kesehatan kita sendiri kok ini.