Dapat duit dari ngeblog? Katanya sih bisa, tapi ya itu kan katanya. Beneran bisa emang?

pengalaman-monetisasi-blog

Pengalaman Cuan Dari Blog

Saya mulai ngeblog mulai akhir 2016. Waktu itu, saya ngeblog karena kebetulan sebelumnya saya dapat kerjaan yang berhubungan dengan menulis, content writing lebih tepatnya.

Walaupun waktu itu belum kenal istilah content writer dan nggak hobi nulis sebenarnya, tapi seiring waktu saya mencoba menekuni pekerjaan tersebut, saya menemukan bahwa menulis ternyata asyik juga lho.

Singkat cerita, setelah saya mutasi ke area lain, saya mulai vacuum nulis. Namun, karena sudah terlanjur seneng nulis, akhirnya saya pun mencoba mulai ngeblog (soalnya mau nulis buku juga belum cukup bernyali).

Dan selama perjalanan saya ngeblog itu, saya termasuk blogger tipe santuy. Nulis suka-suka, suka nulis-nulis. Nggak ada beban maupun muatan. Mau tata bahasanya berantakan, SEO-nya awut-awutan, no problemo. Dan itu berlangsung hingga akhir 2021 lalu.

Berawal dari sebuah ajakan salah seorang teman di salah satu komunitas blogger untuk meliput sebuah event talkshow, saya akhirnya untuk pertama kalinya sejak mulai ngeblog, merasakan cuan dari ngeblog.

Bayangin aja, setelah sekian purnama ngeblog karena hobi, tiba-tiba cuan. Tak lama berselang, dapat lagi another job untuk mereview sebuah permainan online yang membuat saya untuk pertama kalinya terima gaji dolar.

Alhamdulillah.

Sejak saat itu, mindset saya tentang blogging mulai bergeser. Kebetulan sekali, momen-momen cuan itu, datang di penghujung tahun. Karena itu, saya memutuskan untuk mengubah mindset dan cara saya ngeblog di tahun 2022.

Buat kamu yang tertarik untuk mulai ngeblog atau memonetisasi blogmu, kali ini saya mau bagikan beberapa jalur cuan dari blog berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat ya.

Sumber-Sumber Penghasilan Blog

1. Sponsored Post

Sederhananya adalah postingan berbayar. Jadi pada sponsored post, saya sebagai blogger menerima job dari klien/agensi untuk menulis dengan tema dan persyaratan yang sudah ditentukan di blog saya.

Kalau saya melihatnya si brand, perlu blogger untuk meramaikan kampanye mereka terhadap produk atau program milik mereka.

Alhamdulillah, sponsored post juga menjadi jalan buat saya terima gaji dolar untuk pertama kalinya. Jadi ceritanya saya mendaftar di salah satu marketplace dari US, dan menerima job untuk mereview produk dari sebuah pengembang permainan online.

2. Lomba Blog

Selain sponsored post, mengikuti lomba blog juga merupakan salah satu media monetisasi bagi para blogger. Di samping itu, lomba blog juga bisa menjadi tempat uji nyali unjuk gigi tulisan-tulisan kita.


sumber-penghasilan-blogger

Alhamdulillah, di awal tahun ini saya juga dimudahkan untuk meraih juara tiga di lomba blog yang diselenggarakan salah satu perusahaan penyedia pelatihan online.

3. Reader Support

Salah satu cara lain saya memonetisasi blog ini adalah memasang widget reader support. Melalui widget ini, pengunjung blog ini (dan juga kamu) bisa mendukung saya secara finansial untuk terus berkarya dengan mengklik tombol tersebut.

Kamu mau traktir saya jajan biar saya makin semangat berkarya?  Klik aja di sini.

Sumber Penghasilan Lain

Selain cara-cara di atas, ada juga cara lain yang umum dilakukan blogger untuk memonetisasi blog mereka, antara lain:

  • Program afiliasi; kamu jadi pemasar produk/jasa sebuah brand dengan merekomendasikan produk/jasa tersebut melalui blogmu. Nanti kamu akan mendapat komisi dari setiap transaksi oleh orang yang kamu referensikan/mengklik link di artikelmu.
  • Memasang iklan; kamu juga bisa mendaftar ke Google Adsense supaya mereka mau memasang iklan di blogmu. Nanti mereka akan mereview permintaanmu, dan memberitahumu apakah kamu lolos atau tidak.
  • Jual produk sendiri; kalau kamu punya produk/jasa, kenapa nggak dijual aja di blog? Siapa tau banyak yang perlu dari produk/jasa yang kamu tawarkan.
  • Jual website; sejujurnya saya kurang tau detil teknisnya aktivitas ini. Namun, saya pernah lihat ada blogger yang menjual website mereka.


Kesimpulan

Jadi selain menyalurkan hobi dan kreativitas, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan uang. Asyik bukan? Ya, ngeblog memang bisa menghasilkan, tetapi jangan jadikan uang sebagai motivasi utama-mu untuk ngeblog.

Hal terakhir yang saya ingin kamu pikirkan tentang blog adalah, blog sebagai jalan pintas untuk menjadi kaya. No, that doesn’t work that way.

Hampir semua blogger cuan yang saya kenal, bahkan tidak  mulai ngeblog untuk berpenghasilan. Mostly ngeblog karena memang hobi nulis atau sebagai jurnal online.

Ketika mereka mulai memonetisasi blognya pun nggak ujug-ujug langsung berhasil. Bahkan nggak sedikit dari mereka yang nangis-nangis saat berhadapan dengan coding, depresi tingkat dewa karena sering gagal menang lomba blog, dan banyak lagi.

Sama seperti profesi lainnya (kalau memang niat berprofesi jadi blogger), it takes time. Ditelateni saja dan jangan lupa, berdoa. Karena proses bisa mengkhianati hasil, tapi Rabb-mu, nggak akan mengkhianatimu.

Gimana, tertarik jadi blogger?