Cuan Dari Blogging, Sumber Penghasilan Blog Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Dapat duit dari ngeblog? Katanya sih bisa, tapi ya itu kan katanya. Beneran bisa emang?

pengalaman-monetisasi-blog

Pengalaman Cuan Dari Blog

Saya mulai ngeblog mulai akhir 2016. Waktu itu, saya ngeblog karena kebetulan sebelumnya saya dapat kerjaan yang berhubungan dengan menulis, content writing lebih tepatnya.

Walaupun waktu itu belum kenal istilah content writer dan nggak hobi nulis sebenarnya, tapi seiring waktu saya mencoba menekuni pekerjaan tersebut, saya menemukan bahwa menulis ternyata asyik juga lho.

Singkat cerita, setelah saya mutasi ke area lain, saya mulai vacuum nulis. Namun, karena sudah terlanjur seneng nulis, akhirnya saya pun mencoba mulai ngeblog (soalnya mau nulis buku juga belum cukup bernyali).

Dan selama perjalanan saya ngeblog itu, saya termasuk blogger tipe santuy. Nulis suka-suka, suka nulis-nulis. Nggak ada beban maupun muatan. Mau tata bahasanya berantakan, SEO-nya awut-awutan, no problemo. Dan itu berlangsung hingga akhir 2021 lalu.

Berawal dari sebuah ajakan salah seorang teman di salah satu komunitas blogger untuk meliput sebuah event talkshow, saya akhirnya untuk pertama kalinya sejak mulai ngeblog, merasakan cuan dari ngeblog.

Bayangin aja, setelah sekian purnama ngeblog karena hobi, tiba-tiba cuan. Tak lama berselang, dapat lagi another job untuk mereview sebuah permainan online yang membuat saya untuk pertama kalinya terima gaji dolar.

Alhamdulillah.

Sejak saat itu, mindset saya tentang blogging mulai bergeser. Kebetulan sekali, momen-momen cuan itu, datang di penghujung tahun. Karena itu, saya memutuskan untuk mengubah mindset dan cara saya ngeblog di tahun 2022.

Buat kamu yang tertarik untuk mulai ngeblog atau memonetisasi blogmu, kali ini saya mau bagikan beberapa jalur cuan dari blog berdasarkan pengalaman saya pribadi. Semoga bermanfaat ya.

Sumber-Sumber Penghasilan Blog

1. Sponsored Post

Sederhananya adalah postingan berbayar. Jadi pada sponsored post, saya sebagai blogger menerima job dari klien/agensi untuk menulis dengan tema dan persyaratan yang sudah ditentukan di blog saya.

Kalau saya melihatnya si brand, perlu blogger untuk meramaikan kampanye mereka terhadap produk atau program milik mereka.

Alhamdulillah, sponsored post juga menjadi jalan buat saya terima gaji dolar untuk pertama kalinya. Jadi ceritanya saya mendaftar di salah satu marketplace dari US, dan menerima job untuk mereview produk dari sebuah pengembang permainan online.

2. Lomba Blog

Selain sponsored post, mengikuti lomba blog juga merupakan salah satu media monetisasi bagi para blogger. Di samping itu, lomba blog juga bisa menjadi tempat uji nyali unjuk gigi tulisan-tulisan kita.


sumber-penghasilan-blogger

Alhamdulillah, di awal tahun ini saya juga dimudahkan untuk meraih juara tiga di lomba blog yang diselenggarakan salah satu perusahaan penyedia pelatihan online.

3. Reader Support

Salah satu cara lain saya memonetisasi blog ini adalah memasang widget reader support. Melalui widget ini, pengunjung blog ini (dan juga kamu) bisa mendukung saya secara finansial untuk terus berkarya dengan mengklik tombol tersebut.

Kamu mau traktir saya jajan biar saya makin semangat berkarya?  Klik aja di sini.

Sumber Penghasilan Lain

Selain cara-cara di atas, ada juga cara lain yang umum dilakukan blogger untuk memonetisasi blog mereka, antara lain:

  • Program afiliasi; kamu jadi pemasar produk/jasa sebuah brand dengan merekomendasikan produk/jasa tersebut melalui blogmu. Nanti kamu akan mendapat komisi dari setiap transaksi oleh orang yang kamu referensikan/mengklik link di artikelmu.
  • Memasang iklan; kamu juga bisa mendaftar ke Google Adsense supaya mereka mau memasang iklan di blogmu. Nanti mereka akan mereview permintaanmu, dan memberitahumu apakah kamu lolos atau tidak.
  • Jual produk sendiri; kalau kamu punya produk/jasa, kenapa nggak dijual aja di blog? Siapa tau banyak yang perlu dari produk/jasa yang kamu tawarkan.
  • Jual website; sejujurnya saya kurang tau detil teknisnya aktivitas ini. Namun, saya pernah lihat ada blogger yang menjual website mereka.


Kesimpulan

Jadi selain menyalurkan hobi dan kreativitas, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan uang. Asyik bukan? Ya, ngeblog memang bisa menghasilkan, tetapi jangan jadikan uang sebagai motivasi utama-mu untuk ngeblog.

Hal terakhir yang saya ingin kamu pikirkan tentang blog adalah, blog sebagai jalan pintas untuk menjadi kaya. No, that doesn’t work that way.

Hampir semua blogger cuan yang saya kenal, bahkan tidak  mulai ngeblog untuk berpenghasilan. Mostly ngeblog karena memang hobi nulis atau sebagai jurnal online.

Ketika mereka mulai memonetisasi blognya pun nggak ujug-ujug langsung berhasil. Bahkan nggak sedikit dari mereka yang nangis-nangis saat berhadapan dengan coding, depresi tingkat dewa karena sering gagal menang lomba blog, dan banyak lagi.

Sama seperti profesi lainnya (kalau memang niat berprofesi jadi blogger), it takes time. Ditelateni saja dan jangan lupa, berdoa. Karena proses bisa mengkhianati hasil, tapi Rabb-mu, nggak akan mengkhianatimu.

Gimana, tertarik jadi blogger?

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

28 Comments

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

  1. Baru tahu saya ada istilah reader support di dunia blogging hihi jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu saya bikin sendiri istilahnya...soalnya ga ngerti juga apa namanya 🤣

      Delete
  2. Saya juga baru tau istilah reader support, ternyata bikinan kak promo ya, hehe. Idenya bagus loh. Btw aku belum pernah nyoba affiliasi. Situs penyedia hosting dan Domain tuh yang paling sering ngajakin. Tapi aku nya gak aktif disana. Sampai sekarang Alhamdulillah masih mengandalkan cp atau cr, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalao afiliasi perusahaan hosting kan simpel mbak, tinggal bikin tips ngeblog trus tinggal dikasih link afiliasi.

      Delete
  3. Keren motivasi dan penjelasan sumber monetisasi sebuah blog akan menambah cuan secara mandiri, mantap, berkah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas ferry. Semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Wah, menarik juga nih yg reader support. Baru ngerti ada metode kayak gitu. Makasih bang sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eee...itu istilahnya saya ngarang sendiri mbak. Intinya dari fans/reader ngasih donasi ke kita. Dah gitu aja.

      Delete
  5. wah tertarik banget mas. buat sekarang aku nulis blog buat bikin portofolio sambil mengasah skill menulis dulu. rencana menjadikan duit ada dong, tapi masih lama kayaknya, hehe. makasih sharingnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga menganggap blog saya ini adalah koleksi portofolio saya mbak. That's why, yang curhat2 saya taruh di tempat lain 😅

      Delete
  6. Wahhh saya pernah tuh yang reader support dikasih sama pembaca blog karena tutorial dan tips yang saya buat di blog. Dari situ dia bisa diterima sepenuhnya dan bisa menambahkan penghasilan tambahan lagi untuk dirinya sendiri dan keluarga.. Ahhh dari situ seneng banget.

    Btw templatenya baru lagi ya mas, kayak ada yang beda gitu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya juga pernah...surprise banget pas terima itu. 😅

      Iya nih, ada masukan kalau template yang lama strukrur H1,H2,H3 nya berantakan. Moga2 aja yang ini better.

      Delete
  7. Ini kebalikan dari saya. Saya bermula dari nulis buku. Ikutan main blog demi refreshing pada mulanya. Eh, sekarang berniat serius menekuni blog yang secara teknis masih berantakan SEO dan template nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk meng-humble dan sama-sama belajar.

      Delete
  8. Dari dulu memang selalu seneng jadi blogger aku tuh😄😉. Tapi kalo utk cari cuan dari sini, belum lah , kecualiii kalo yg didapat dari blog bisa ngalahin income skr, baru aku akan pertimbangkan mas 😄.

    Sebenernya asal mau berusaha, blog memang bisa jadi ladang uang. Asal tekun dan konsisten. Aku salut Ama temen2 yg mau terjun fulltime menjadi seorang blogger. Krn aku tau ga mudah. Tapi terbukti toh mereka bisa survive, jadi kurasa kesempatan utk itu (mencari cuan dari blog) , pasti masih terbuka lebar.

    Cuma memang aku ngerasa itu bukan jalanku 😊. Udah fokus Ama yg skr ajalah 😅..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iya deh, padahal kalau mau dimonetisasi, blognya mbak Fanny tuh lebih dari cukup lho ya. But, ya jalan ninjanya orang kan beda-beda. As long as we're happy & not annoying others aja kan mbak.

      Delete
  9. Keren mbak, blog saya ini blm pernah menang blog. harus rajin ikutan lomba nih, sapa tau ada yang menang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak. Yang penting ikhtiar & tawakkal.

      Delete
  10. Banyak banget sih emang cara monetisasi blog, dan banyak celahnya yang bisa kita ikuti. Salah satunya dengan mencoba peruntungan mengikuti lomba blog. Anggap saja sambil mengasah skill dan terus melatih cara menulis. Kalau menang ya alhamdulillah, bonus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sekarang ngelihatnya lomba blog itu ibarat kita ikut tender mbak. Jadi kita bikin postingan yang sesuai sama visi-misi si penyelenggara blog. Betul, in the end ada faktor luck...tapi at least kita kasih 'proposal'-nya nggak boleh asal.

      Gitu nggak mbak?

      Delete
  11. Banyak jalan bisa dapetin cuan dari blog ya. Alhamdulillah tiap bulan ada aja pendapatan dari sponsored post. Harus banyakin ikutan lomba biar berpeluang menang. Selama ngeblog baru 1 kali menang lomba itu juga juara 3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Alhamdulillah ya, selalu ada orderan. Moga-moga makin rame ya mbak orderannya. Dan makin banyak jalur rejeki lain yang terbuka tahun ini...selain biar dompetnya agak gemukan, juga buat variasi hehehehe.

      Delete
  12. Ternyata udah lama juga ya mas Prima ngeblognya. Saya sendiri mulai serius ngeblog sejak Desember 2018. Alhamdulillah masih bertahan, hehehe.
    Oh iya, ada juga paid partnership gitu, jadi dari lomba terkadang ada job juga dari situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu hitungan roughly sih mbak. Termasuk di dalamnya vacuum, no idea & hiatus 😅

      Kalau yang paid partnership itu kaya apa ya mbak? Apa seperti intellifluence tempo hari ya?

      Delete
  13. menarik ulasannya mas prima , google adsense bisa juga jadi sumber penghasilan blog lho mas. Oiya boleh di spill gak mas, cara apply di nihjajan dan berapa banyak nominal untuk bisa narik uang jajan di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mbak, saya dan adsense sepertinya nggak berjodoh adsense. Dari kapan apply, masih aja ditolak. Jadi cari jalur alternatif 😁

      Delete
  14. Alhamdulillah sudah merasakannya, menghasilkan pendapatan pasif dari blog. Gak ada kata gak mungkin. Dulu aku juga termasuk yang pesimis, apa iya aku bisa dapat duit banyak dari blog? Ternyata eh ternyata. Di mana ada kemauan dan usaha, di situ Allah bukakan jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh udah pasif ya? Wah keren...saya masih kudu cangkul2 yang dalam nih. Mind to share tipsnya mbak?

      Delete
Previous Post Next Post