5 Aset Berharga Yang Wajib Kamu Kelola Dengan Bijak Tahun Ini

Orang kaya itu bukan orang yang cuma punya banyak uang, tapi juga terampil mengelola uangnya.

5-aset-berharga

Kalau bicara tentang aset, biasanya pikiran kita akan mengarah ke aset finansial atau uang. Well it's normal, karena most of us itu memang lagi BU, ada maupun nggak ada pandemi.

Namun, aset itu nggak melulu berbentuk uang lho. Ada aset lain yang juga nggak kalah penting untuk kamu kelola biar kamu nggak sekedar kaya, tapi juga lebih bahagia menjalani hidup.

Oya, mengelola di sini itu mulai dari earning hingga expending ya. Karena semua-semua harus balance toh ya.

5 Aset Penghasil Kekayaan & Kebahagiaan

1. Keterampilan

Kita semua terlahir dengan potensi dalam bentuk bakat alamiah kita. Namun, kalau bakat itu tidak kita kelola dengan baik (tidak pernah digali, dilatih dan dikembangkan) ya sia-sia. 

Pernah dengar atau tahu sendiri, orang yang so talented tapi hidupnya so miserable?

Kadang rasanya gatel gitu ya kalau lihat orang-orang seperti ini. Dengan segitu banyak talenta yang mereka punya, tapi manfaat yang dihasilkan nggak banyak.

Talenta itu seperti bahan mentah, perlu diolah, agar menjadi bermanfaat. Memang untuk mengolahnya ini perlu effort. Nggak bisa dilakukan hanya dengan rebahan.

2. Waktu

Semua orang punya waktu 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4 minggu sebulan dan 12 bulan setiap tahunnya. 

Sudah sebijak apa sih kita dalam mengelola waktu kita? Ya, kita mungkin nggak bisa sehari tanpa scrolling, pertanyaannya berapa lama waktu yang kita gunakan untuk scrolling things that matter?

There's no refund on poorly spent time - The Minimalists

Sebuah self reminder juga untuk saya yang masih sering buang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak memberi added value buat diri saya.

3. Tenaga

Kita mengonsumsi energi kita yang terbatas untuk mengerjakan tugas dan aktivitas kita sehari-hari. Pertanyaannya, ke tugas-tugas seperti apa energi kita terkuras habis?

Saya masih punya PR besar dalam mengelola aset energi saya. Seringkali saya terjebak dalam sebuah tugas yang 'mengasyikkan' dan menyedot habis tenaga saya untuk menyelesaikannya, gegara terlalu perfeksionis.

Bahkan kadang lebih buruk, ternyata tugas tersebut bukan tugas yang penting apalagi mendesak. Pengelolaan menjadi sangat krusial agar kita tetap produktif.

4. Fokus

Kita hidup di dunia yang serba digital. Layar gawai sudah menjadi makanan sehari-hari, mulai email, media sosial, blog, whatsapp, marketplace, dan banyak lagi.

Loncat dari 1 aplikasi ke aplikasi lain. Bahkan tak jarang beberapa aplikasi running bersamaan. Belum selesai 1 aplikasi, sudah pindah ke aplikasi lain. Ditambah iklan yang tiba-tiba pop up, dan mencuri fokus kita...maaf maksudnya, saya.

PR lagi buat saya untuk bijak mengelola fokus saya. Mulai mematikan notifikasi hingga mematikan sumber distraksi fokus saya dalam mengerjakan sesuatu.

5. Uang

Nah, last but not least, uang. Memang betul, uang tidak bisa membeli kebahagiaan...kalau kurang.

Mengelola uang itu terdiri dari 3 komponen dasar yang meliputi, bagaimana cara kita memperoleh uang, bijak dalam membelanjakan uang kita dan terakhir mengembangkan uang yang kita punya.

Satu hal yang perlu kamu dan saya ingat tentang uang adalah uang adalah alat, bukan tujuan

Dengan uang, kamu bisa menjadi lebih baik dari sekarang. Dengan uang pula, kamu dapat terjerumus menjadi seseorang yang dibenci banyak orang termasuk dirimu sendiri. Semua tergantung cara kamu mengelola uang.

Kesimpulan

Jadi itu 5 aset berharga yang kamu perlu kelola dengan lebih baik dan bijak di tahun 2022 ini. Menurutmu, di area mana PR terbesarmu dalam mengelola aset ini?

Share pengalaman dan opini kamu di kolom komentar yuk. 

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

16 Comments

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

  1. Bersyukur memiliki keterampilan bisa make up. Dan saya mengambil sertifikat kompetensi dari LSK hingga BNSP. Sampai sekarang masih menerima job make up dan dapat sharing ke teman2 yang mau belajar. Dan keterampilan ini memang saya harus fokus dalam mengembangkan, karena juga banyak saingan. Memasang iklan di IG ads mau pun FB ads tentu itu membutuhkan uang juga waktu untuk dapat terus berproses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ya, punya skill yang bisa dijual itu. Sepertinya saya perlu mempertimbangkan untuk ambil sertifikasi kompetensi ya. Biar 'terakui' skillnya.

      Delete
  2. Nyatanya uang memang hanya 1 dari sekian banyak aset berharga seseorang, tapi mirisnya uang yang paling sering menguras aset-aset lainnya tersebut. Terima kasih untuk sebuah tulisan yang mencerahkan

    ReplyDelete
  3. Masa cuma itu aja mas apa gak ada aset lain selain uang yang buat jangka panjang mungkin mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak sih harusnya, boleh ditambahin mas Dar dari pengalaman pribadimu.

      Delete
  4. Betul, 5 aset ini seringkali dilupakan. Kebanyak orang termasuk saya hehehe
    Saya masih berpikir aset itu berupa uang atau barang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, padahal nggak cuma itu aja ternyata kan.

      Delete
  5. Adalagi bang 1 aset yg penting: CINTA. gak punya cinta bahaya lo bang. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta itu deritanya tiada akhir...wkwkwkwk.

      Delete
  6. Saya pribadi merasa menyesal ketika menyia-nyiakan waktu. Begitu terus tapi saya ulangi. Duh kapan bisa berhenti menyia nyiakan waktu. Kadang ingin lebih disiplin tapi berasa masih banyak alasan

    ReplyDelete
  7. Wah betul bgt tuh. Dari ke-lima aset yg disebutkan diatas memang sangat berharga. Terlebih bagi kita yg masih muda, memiliki keterampilan dapat mendatangkan uang. Karena itu manfaatkan waktu dan tenaga agar lebih produktif dan fokus dlm tujuan hidup

    ReplyDelete
  8. Bener bgt kak. Skill termasuk aset yg berharga untuk masa depan.

    ReplyDelete
  9. Keterampilan dan waktu itu merupakan bagian yang penting sekali untuk dijaga ya. Aset yang harus digunakan semaksimal mungkin dan bijak. Oh ya, uang juga sih harus tepat penggunaannya apalagi di masa sulit seperti sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya semua tentang pengelolaan dengan bijak ya mbak.

      Delete
Previous Post Next Post