Jika harus mulai ngeblog lagi dari nol, Hal pertama yang akan saya lakukan adalah bergabung dengan komunitas blogger seperti Bloggercrony Community.



Hari Minggu, 27 Februari 2022 saya beserta 99 blogger terpilih lainnya, mengikuti sebuah even luar biasa yang diselenggarakan oleh salah satu komunitas blog favorit saya, Bloggercrony Community. Buat saya, ini adalah event gathering blogger pertama yang saya ikuti sejak mulai ngeblog di akhir 2016.


Karena masih dalam suasana pandemi, event ini pun berlangsung secara daring melalui Zoom. Walaupun demikian, kemeriahan acara masih tetap terasa sekali pun dilakukan secara jarak jauh.


Walaupun di awal acara sempat terjadi ‘tantangan teknis’ untuk para panitia penyelenggara yaitu kapasitas Zoom yang mendadak penuh sehingga banyak peserta yang ‘tidak bisa masuk' ke dalam ruangan virtual tersebut. Namun, tantangan tersebut berhasil diatasi dan para peserta pun berhasil berkumpul di dalam ruangan virtual tersebut.


Dari sini, saya sangat kagum oleh cara panitia penyelenggara merespon ‘gangguan’ ini. Hal itu menunjukkan betapa seriusnya mereka dalam mengawal perhelatan even Blogger Day 2022 ini.


Singkat cerita, acara pun dimulai dengan sambutan oleh Kak Wawa, founder Komunitas Bloggercrony. Pada kesempatan tersebut, saya jadi lebih banyak tahu tentang Bloggercrony Community ini. Mulai visi-misi, hingga program-program yang (ternyata) selama ini ada, seperti:


#BloggerHangout

Workshop reguler khusus anggota untuk membahas topik-topik yang mendukung aktifitas blogging dan networking blogger sekaligus memberdayakan blogger untuk meningkatkan kualitas konten dan potensi dirinya.


#BloggerCare

Kegiatan sosial yang melibatkan blogger dan untuk blogger, berupa penggalangan dana untuk bencana, selain juga kontribusi sukarela blogger untuk menyebarluaskan pesan publik sebagai bentuk kepedulian blogger terhadap isu sosial menyangkut kemanusiaan dan kesehatan masyarakat.


#BloggerPreneur

Memfasilitasi blogger pelaku UMKM untuk untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha mereka melalui jaringan komunitas, dengan semangat networking dan empowering.


#BloggerView

Kegiatan partnership yang memberi kesempatan pada blogger untuk menyalurkan kemampuan dan potensi diri mereka sebagai bentuk pemberdayaan komunitas pada para anggota dalam bentuk kemitraan dengan berbagai pihak melalui skema kerja sama yang disepakati secara profesional.



Agak miris juga, baru tahu ada program-program ini setelah 4 tahun tergabung dalam Facebook Group mereka. Dulu saya memang tidak terlalu memperhatikan hingga sedetil ini, karena awalnya saya gabung dengan komunitas blog seperti Bloggercrony Community itu tujuannya hanya satu, mempromosikan blog saya.


Hiks, jadi merasa bersalah. 4 tahun ngapain aja dong selama ini.


Kesan-Kesan Mengikuti Keriuhan Blogger Day 2022

Sejujurnya, sejak bergabung dengan Facebook Group Bloggercrony Community, saya suka mupeng ketika melihat foto cover grup ini yang menggunakan acara gathering blogger. Dalam hati, saya bertanya-tanya, mungkin nggak ya saya bisa ikutan kalau suatu hari nanti Bloggercrony mengadakan acara gathering, mengingat lokasi saya yang tidak di kota besar dan untuk hadir di acara tersebut tentunya memerlukan biaya yang lumayan.


Eh ternyata tahun ini berjodoh bisa mengikuti even blogger bersama 99 +100 blogger lainnya dari seluruh penjuru nusantara. Karena pandemi, maka even pun dilakukan secara daring, sehingga buat saya merupakan kabar gembira.


Di even yang sekaligus merayakan hari jadi #7thBloggercrony ini mengusung tema #ScaleUpYourSkill. Karena itu, di dalam even ini panitia telah bekerja dengan ekstra keras untuk menghadirkan narasumber-narasumber luar biasa untuk menjejali kami semua dengan materi-materi daging yang bermanfaat.


Selain materi daging, even kali ini juga bertabur hadiah. Bayangkan saja, sebelum acara mulai, sudah ada bagi-bagi hadiah. Begitu royalnya panitia dalam membagi-bagikan hadiah sampai-sampai Febria Silaen sang MC berkomentar kalau ini adalah pertama kalinya tugas MC hanya bagi-bagi hadiah.


Mulai dari hadiah saldo dompet digital hingga merchandise keren dari Cera Production selaku sponsor utama. Buat yang belum tahu siapa itu Cera Production, mereka adalah perusahaan penyedia layanan produksi untuk kantor swasta dan instansi seperti premium gift set, suvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak selama lebih dari 10 tahun. Hasil produksi mereka pun kualitasnya oke banget, bisa lah jadi referensi untuk souvenir kantor atau kalau perusahaanmu sering mengadakan pelatihan dan lokakarya atau seminar-seminar, Cera Production juga siap mendukung menyiapkan seminar kit kantor.



Penutup

Akhir kata, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ketujuh untuk salah satu komunitas blog favorit saya, Bloggercrony Community. Semoga ke depannya makin sukses sesuai tagline-nya: blogging, empowering dan networking.


Buat kamu yang sampai sekarang belum menjadi keluarga besar Bloggercrony Community, buruan gabung. Minimal gabung ke Group Facebook mereka.


Tunggu apa lagi?