Kadang hal-hal besar dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil seperti, merapikan tempat tidurmu.

Waktu kecil dulu kita belajar lagu bangun tidur yang berakhir dengan "habis mandi kutolong ibu, merapikan tempat tidurku." Bahkan kita juga mengajarkan lagu yang sama ke anak kita.

Namun, tahukah kamu kalau aktifitas sederhana seperti merapikan tempat tidur itu ternyata punya banyak manfaat lho?

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat, merapikan tidur tiap pagi.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

National Sleep Foundation (NSF) pernah melakukan survei dan menemukan bahwa 90% orang menyatakan bahwa kasur yang bersih membuat mereka nyaman dan puas saat tidur malam.

Selain itu, 7 dari 10 orang yang selalu merapikan tempat tidur mereka di pagi hari, dapat tidur lebih lelap dan nyenyak di pagi hari.

2. Meningkatkan Produktivitas

Rutin merapikan tempat tidur setiap pagi akan memunculkan perasaan senang karena berhasil menyelesaikan tugas pertama di hari tersebut. 

Bayangin aja, bangun tidur dengan kondisi kesadaran 50%, tapi sudah berhasil menyelesaikan sebuah tugas rutin sederhana seperti merapikan tempat tidur.

3. Lebih Bersyukur

Kebiasaan merapikan tempat tidur juga berdampak positif bagi kesehatan mental kamu lho, lebih tepatnya membuat kamu menjadi pribadi yang pandai bersyukur dan menghargai diri sendiri.

Meluangkan waktu tak sampai 5 menit untuk merapikan tempat tidur sambil memandang kasur yang kamu pakai buat tidur lelap semalam, bisa membuatmu mensyukuri nikmatnya tidur pulas. 

4. Mengurangi Stres

Ruangan yang tertata rapi tentunya lebih sedap dipandang dan daripada ruangan awut-awutan bukan? 

Bayangkan kamu yang sudah lelah seharian beraktifitas masih harus memandang kamar acak-acakan. Malah tambah sumpek toh.

5. Mencegah Penyakit

Tahukah kamu kalau kasur yang berantakan dan kotor merupakan destinasi staycation favorit bagi tungau, kutu, jamur dan bakteri? Nggak mau dong, udah prokes ketat untuk menjaga kesehatan saat beraktifitas di luar rumah, eh ternyata malah terserang penyakitnya pas di rumah.

6. Sarana Olahraga

Walaupun bukan olahraga berat seperti lari atau angkat beban, tapi merapikan tempat tidur membuat tubuh kamu bergerak sejak pagi.



Kesimpulan

Ternyata membiasakan diri merapikan tempat tidur itu bermanfaat ya. Dan, bagusnya nggak sampai lebih dari 5 menit kok.

Jadi, kenapa nggak kita mulai biasakan merapikan tempat tidur setiap pagi, biar papa mama bangga 😉.