Marhaban ya Ramadhan. 

keutamaan-sahur

Alhamdulillah, bulan suci Ramadhan sudah di depan mata. Dalam rangka menyambut bulan penuh berkah ini, saya mau menulis tentang hal-hal seputar Ramadhan, pengalaman, opini dan ide-ide tentang bagaimana memaksimalkan bulan yang penuh kemuliaan ini.

Doakan bisa istiqomah ya 😊.

Perlukah Sahur?

Serangkaian ibadah puasa itu terdiri dari beberapa aktifitas, salah satunya sahur.

Penting kah kita makan sahur sebelum berpuasa? Kalau kita yakin dan percaya diri bahwa tanpa sahur pun kita kuat menahan lapar dan haus seharian, masih perlukah kita sahur?

Hmm...perlu nggak ya?

Mengutip dari salah satu artikel (1), ada sebuah hadis yang menekankan pentingnya sahur karena di dalam makan sahur ada keberkahan (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095). 

Nah, sebagai umat Muslim, bukankah keberkahan adalah sesuatu yang selalu kita cari dari segala aktifitas dunia, terlebih lagi aktifitas akhirati? 

Kalau di dalam makan sahur mengandung keberkahan, nggak sayang tuh kalau tidak berusaha didapatkan? Apalagi di bulan Ramadhan yang setiap ibadah dilipat-lipatkan pahalanya.

Iya sih, nggak sahur tetap bisa kuat puasa seharian. Namun kalau bisa dapat keberkahan dari makan sahur, kenapa tidak?

Keberkahan Dalam Makan Sahur

Sebenarnya, esensi sahur itu bukan sekedar bangun tidur lalu makan (2), tapi juga melatih diri untuk bisa bangun malam dan beribadah pada .

Waktu sahur juga merupakan waktu yang baik untuk beristighfar, memohon ampunan pada atas dosa dan kekhilafan yang kita perbuat.

Selain itu, ada pula beberapa keberkahan yang tentunya sayang sekali untuk kita lewatkan begitu saja, apalagi di momen Ramadhan, antara lain:
  1. Memenuhi perintah Rasulullah ﷺ
  2. Pembeda dengan umat lain
  3. Memberi kekuatan saat berpuasa
  4. Mendapat shalawat  dari dan para malaikat
  5. Waktu sahur adalah waktu penuh berkah
  6. Waktu sahur adalah waktu utama untuk beristighfar
  7. Bisa sholat Shubuh tepat waktu dan berjamaah
  8. Bernilai ibadah.

Puasa Bukan Adu Kuat Menahan Lapar

Walaupun sahur merupakan amalan sunnah, tetapi rasanya kok sayang ya meninggalkan amalan ini 'hanya' karena keyakinan kita bahwa nggak sahur tetap kuat puasa.

Lagipula, puasa kan bukan tentang kuat-kuatan menahan lapar dan dahaga, tapi sebagai bentuk ketakwaan kita kepada Rabb kita.

Dan, bukankah  itu menghendaki kemudahan buat kita? Jadi kenapa dipersulit 🤭?


Kesimpulan

Puasa adalah perintah  kepada kita sebagaimana telah diperintahkan pula kepada kaum sebelum kita agar kita bertakwa. Rasulullah ﷺ telah mengajarkan kepada kita untuk makan sahur sebelum puasa pasti bukan tanpa alasan kan?

Selain beberapa alasan di atas, biasanya sih, perintah  dan ajaran Rasulullah ﷺ itu ujung-ujungnya untuk kebaikan dan kemudahan kita sendiri kok. 

Menurutmu, perlu nggak sih kita sahur sebelum puasa kalau kita yakin seyakin-yakinnya kalau kita kuat-kuat aja menahan lapar dan haus pas puasa seharian?

Share dong opini dan pengalamanmu tentang puasa tanpa sahur.
  

Referensi
(1) https://muslim.or.id/17251-kajian-ramadhan-1-keberkahan-dalam-makan-sahur.html
(2) https://bincangmuslimah.com/ibadah/mengapa-kita-harus-sahur-ini-tiga-keutamaan-sahur-dalam-sabda-nabi-29416/