Kembalikan Udara Bersih Bebas Asap Rokok di Ruang Publik

Perokok berhak merokok, demikian pula orang yang tidak merokok berhak atas udara bersih bebas kepulan asap rokok.

alasan-untuk-berhenti-merokok

Sedih dan miris, dengan pugasan marah dan kecewa. Mungkin seperti itulah gambaran tentang apa yang saya rasakan setiap kali mampir ke sebuah taman bermain publik outdoor.

Bagaimana tidak, tempat yang seharusnya ramah anak, tercemari oleh kepulan asap rokok dari beberapa pengunjung taman bermain. Seolah tak memedulikan bahwa gumpalan asap yang mereka hembuskan itu, dapat merusak tak hanya paru-paru mereka, tapi juga beberapa paru-paru kecil yang ketika itu sedang asyik bermain di tempat tersebut.

Masalahnya, bukan hanya paru-paru kecil milik anak mereka saja yang terancam, tapi juga paru-paru kecil milik anak lain yang sedang bermain di sana.

Maksud saya, oke lah kalau memang rokok itu hak kalian, tapi bukankah kami yang tidak merokok ini juga berhak atas udara bersih, bebas dari asap rokok kalian? Terlebih lagi, asap rokok itu kalian hembuskan tanpa merasa bersalah sedikitpun sedikit pun di tempat yang penuh jiwa-jiwa tak berdosa.

Segitu berharganya kah sebatang rokok bagi kalian dibandingkan kesehatan putra/putri kalian dan teman-teman bermainnya?

Ayo lah, tentunya kalian pun memahami bahaya merokok bagi kesehatan. Kalau memang kalian merasa sudah kebal dan terlindung dari risiko merokok, karenanya kalian tetap merokok, mohon pertimbangkan pula kami yang tidak merokok.

Kami tidak memilki paru-paru sekuat kalian. Kami tidak memiliki anti-toksin sedahsyat kalian. Kami tidak mampu mentoleransi racun rokok seperti halnya kalian. Jadi, bukankah lebih baik bila kita saling menghargai dengan cara, kami mempersilakan kalian merokok. Dan, kalian pun menghargai kami dengan tidak menebar asap di tempat yang tak sepatutnya terisi oleh kepulan asap rokok kalian seperti taman bermain publik.

5 Hal Yang Patut Kamu Pertimbangkan Untuk Berhenti Merokok

Kita hidup di masa akses informasi begitu mudah diakses. Internet kini sudah tak semahal dahulu kala. Namun, tampaknya kemudahan akses tersebut bagi kalian lebih baik digunakan untuk menyimak konten-konten nirfaedah ketimbang konten bermanfaat, seperti bagaimana menghentikan kebiasaan merokok kalian.

Mumpung masih dalam momen hari lahir Pancasila di mana salah satu silanya adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, jadi supaya adil, setelah racauan saya tentang rokok kalian, di sini saya akan bagikan pula hal-hal yang patut kamu pertimbangkan untuk berhenti kalian. Lagi pula seharusnya internet menyatukan Indonesia, bukan malah memecah-belahnya.

1. Kesehatan

Sebagai mantan perokok, saya yakin kamu semua tahu kalau merokok itu buruk bagi kesehatan. Dan, saya juga tahu kalau walaupun sudah tahu, tapi kamu pasti memilih untuk tak mau tahu bukan?

Namun, cobalah untuk melihatnya dari sudut pandang lain. Buatmu, kesehatanmu mungkin tak penting, tapi bagi mereka yang sayang padamu, kesehatanmu itu sangat penting.

2. Keuangan

Ya terkecuali kamu tipe orang yang suka minta-minta rokok tetangga, which is memalukan sebenarnya, maka saya yakin kamu tahu kalau merokok itu menguras uang.

Seandainya kamu sedikit lebih bijak dalam mengalokasikan uang rokokmu untuk hal positif lainnya, tentunya kamu akan memperoleh manfaat dari situ.

3. Lebih Praktis

Hidup tanpa rokok sebenarnya lebih praktis, karena kamu nggak perlu lagi bingung mencari tempat khusus untuk menyulut rokokmu, atau menggunakan waktu rokokmu untuk hal lain yang lebih berguna.

4. Demi Orang-Orang Di Sekitarmu

Tahukah kamu bahwa perokok pasif lebih rentan pada asap rokok daripada kamu si perokok aktif? Pernahkah terlintas di pikiranmu kalau risiko-risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh sebatang rokok, diderita oleh orang terdekatmu? Orang tua, saudara, pasangan, anak.

Mungkin kamu berpikir kalau itu hanya akan terjadi pada orang lain, bukan kamu. Namun, orang lain pun juga berpikir yang sama. Dan, orang lain-nya orang lain itu siapa kalau bukan kamu?

5. Peningkatan Kualitas Hidup

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan bila kamu berhenti merokok:
  • Meningkatkan kemampuan indera perasa
  • Meningkatkan kemampuan indera penciuman
  • Hidup tanpa ketagihan merokok
  • Batuk akibat rokok mulai mereda

Jadi itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan bila kamu berhenti merokok. Bila suatu hari nanti kamu sedang berselancar di dunia maya, saya harap kamu menemukan tulisan ini dan mempertimbangkan untuk berhenti merokok.

Saya tidak menulis ini untuk menyudutkanmu. Saya tahu, berhenti merokok itu tidak mudah.

Melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan padamu bahwa merokok itu berdampak negative bukan hanya pada dirimu, tapi juga ke orang lain di sekitarmu.

Kamu bisa menemukan sumber-sumber referensi tentang tips atau tutorial cara berhenti merokok di internet melalui layanan terbaik dari IndiHome. Karena sudah seharusnya, internet menyatukan Indonesia, kamu dan saya, bukan memporak-porandakannya.

Kesimpulan

Merokok memang hak kamu para perokok, tetapi perlu kamu ingat juga bahwa di ruang publik, tidak semua orang merokok dan tahan dengan asap rokokmu.

Sebaiknya untuk kebaikanmu sendiri dan orang-orang di sekitarmu, berhentilah merokok. Ada banyak cara dan tips yang bisa kamu temukan di internet, dengan dukungan IndiHome, internet menyatukan Indonesia.

Namun, bila berhenti merokok masih terlampau sulit untukmu, bagaimana kalau sembari kamu berusaha menghentikan kebiasaan merokokmu, tolong jangan merokok di ruang publik, apalagi di tempat-tempat yang penuh dengan anak-anak.

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

1 Comments

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

  1. Saya sangat setuju sekali Pak. Tulisan yang bagus. Semoga menjadi pembuka kesadaran, baik perokok untuk berhenti atau sadar sekitar, maupun non perokok untuk berani mempertahankan haknya dan orang2 di sekitarnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post