Meja Siap Berangkat, Cara Sederhana Cegah Barang Tertinggal


Di mata orang biasa, gambar tersebut adalah sebuah gambar meja biasa, tidak kurang, tidak lebih

Padahal itu adalah sebuah produk olahan kayu yang dibentuk menjadi sebuah lingkaran sebagai bagian atasnya dan 4 buah silinder sebagai penopang, sehingga menghasilkan produk yang dapat digunakan untuk meletakkan barang di atasnya.

Makin ruwet ya πŸ€”

Ya sudahlah, daripada kamu pusing 😡 terus kepalamu meledak 🀯, kali ini saya mengalah. Jadi mari kita sebut benda tersebut adalah sebuah meja.

Walaupun begitu, meja ini bukan sembarang meja. Kami menyebutnya...πŸŽ‰πŸŽ‰Meja Siap Berangkat 🎊🎊

Kenapa meja ini disebut Meja Siap Berangkat? Nah sini, saya ceritain.

Meja Siap Berangkat

Jadi, semua ini bermula ketika saya dan keluarga pindah ke Surabaya. Kebetulan, Bio sekolah di Surabaya, sehingga harus balik dan menetap di Surabaya. Karena bolak-balik, pulang-pergi Pandaan-Surabaya adalah sebuah hil yang mustahal 🚐.

Singkat cerita, kami memutuskan untuk membangun rumah di Surabaya dan sementara waktu sembari menunggu rumah selesai dibangun, saya dan keluarga tinggal di rumah kakak saya.

Nah, di sinilah awal mula kejadiannya 🧐, simak terus ya, jangan ketiduran 😴

Jadi, karena semenjak tinggal di Surabaya, kami, terutama istri yang kerja di Pandaan, kami terpaksa harus berangkat lebih pagi dari sebelumnya. Kalau biasanya jam 07:15, istri saya berangkat dari rumah tanpa pernah terlambat, maka sekarang berangkatnya harus jam 05:55.

Nah, yang sering terjadi adalah, ketika saya, istri dan Bio bangunnya kesiangan, konsekuensinya harus cepet-cepetan. Dan mostly, sesuatu yang dikerjakan dengan tergesa-gesa, itu mesti ada aja yang kelupaan...walaupun, sudah disiapkan di malam hari sebelumnya.

Karena sering terjadi berulang, kejadian barang ketinggalan karena pas berangkat serba cepet-cepetan alias gopoh, maka perlu dicari solusinya. Ya dong masa didiemin doang 🀭

Kebetulan di rumah kakak, ada satu set kursi dan meja tamu yang diletakkan di ruang depan. Dan, ketika itu spontan saja terlintas ide untuk meletakkan barang-barang yang sudah disiapkan di malam hari di meja tersebut. Dengan harapan, besok tinggal sat set ambil dan langsung berangkat. Kebetulan letak meja tersebut sejalan dengan pintu keluar πŸšͺ, jadi pas sudah.

Ending

Sudah ada kurang lebih 3 minggu saya menggunakan metode meja siap berangkat ini. Alhamdulillah sih, so far nggak terlalu banyak barang yang tertinggal di pagi harinya. Walaupun bangunnya agak kesiangan, tapi karena semua yang mau dibawa sudah ready di satu tempat, jadinya nggak bingung apa yang perlu dibawa.

Melokalisir barang-barang di satu tempat ini, cukup efektif buat saya yang pelupa dan panikan. Apalagi barang kecil-kecil seperti kunci dan dompet.

Kalau kamu gimana? Seperti apa caramu untuk meminimalisir barang tertinggal?

Share yuk di kolom komentar πŸ’¬.

Mas Prim

Blogger, content writer & translator freelance. Text me if you need help with your text.

26 Comments

Share opini atau pengalaman kamu tentang topik tulisan ini di sini. Share juga tulisan ini temen-temenmu, jika menurutmu bermanfaat.

&Joy!

  1. oh intinya adalah melokalisir barang2 di 1 tempat utk mencehah barang tercecer/tertinggal ya? naah..tips yg ok nih.. bisa dicoba... trmksh sharingnya ya..

    ReplyDelete
  2. Mirip seperti menyiapkan tas dan isinya ya. Bedanya ditaruh di meja. Boleh juga metodenya, jd taruh semua benda kebutuhan dalam 1 meja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi sekalian pas jalan ke pintu depan tinggal ambil aja.

      Delete
  3. Wah boleh nih, digunain konsepnya, intinya menggunakan meja kosong, yang semua barang barang mau di bawa atau sering dibawa taruh di sana..
    bagus banget untuk saya yang sering kelupaan kunci motor dan rumah kalau mau berangkat ...
    wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...dan ga harus meja sih. Yang ada aja diberdayakan.

      Intinya, melokalisir area naruh barang di tempat dekat pintu keluar.

      Jadi pas keluar langsung angkut.

      Delete
  4. Syarat supaya "meja siap berangkat" itu efektif adalah.. tidak boleh naruh apapun di situ, termasuk elemen dekoratif macam vas bunga misalnya.

    Saya sendiri lebih suka melokalisasi barang dengan bikin daftar aja. Jadi kalau mau berangkat, tinggal ngabsen barang pakai daftar itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa seperti itu mbak, tapi kalau saya pribadi cara itu ga work well.

      Kalau cara ini, buat saya lebih memudahkan karena tinggal angkut pas jalan ke pintu.

      Delete
  5. nah saya juga selalu ngelakuin hal seperti itu mas. karena saya takut ada barang yang kelupaan dibawa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik mempersiapkan biar harinya nggak mengenaskan 🀭

      Delete
  6. Saya pakai cara ini sejak punya 2 anak Mas :D
    Tapi namanya bukan Meja, tapi ranjang hahaha.

    Jadi, setiap mau pergi ke mana-mana, meski cuman ngemall aja, pasti saya prepare sejak malam sebelum berangkat, lebay ya :D

    Semuanya udah saya siapkan, baju buat saya pakai, baju buat kakak maupun adik.

    Semuanya lengkap, dari daleman sampai luaran hahaha.
    Terus tas yang akan dibawa, isi-isinya, kaos kaki bahkan sepatu sekalipun, semua udah saya siapkan di situ.

    Jadi besoknya saya udah nggak gopoh.

    Itu cuman ke mall, bayangkan kalau kami mau menginap, yang disiapkan banyak banget dan semua udah siap di ranjang yang memang nggak kami pake buat bobok, sejak semalam :D

    Dengan gitu, Alhamdulillah kalau ke mana-mana jarang lupa bawa sesuatu yang urgent :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, apalagi anak 2, satu aja kalau ga disiapin malam sebelumnya ada aja yang kelupaan kok.

      Delete
  7. Boleh dicoba nih tipsnya soale sy sama paksu juga sering kelupaan, pas pergi puyeng sendiri hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba, kabarin ya sukses/ga-nya hehehe.

      Delete
  8. Hahaha saya setuju dengan cara ini, karena saya juga melakukan hal yang sama. Ketika esok harinya hendak pergi, dan perlu membawa beberapa barang, agar tidak tertinggal, biasanya barang2 tersebut saya letakkan di meja lipat atau meja kerja yang mana lokasi tersebut sering kali diakses dan digunakan, jadi selalu teringat, dan tidak jadi lupa

    Terlihat sederhana, namun hal itu cukup efektif untuk menimilisir kelengahan seperti barang tertiinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mas, kadang hal-hal sederhana itu lebih efektif dari yang rumit2

      Delete
  9. Unik banget caranya.
    Bisa ditiru nih.. Dan meja yang buat kumpul barang sebaiknya memang meja yang paling sepi penduduknya yaa..
    Kebayang aja ribetnya kalau mejanya berantakan. HUhu..
    **buka rahasia banget akutu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ya itu, harus dijaga biar ga klumbrak-klumbruk asal naruh barang. Kalau ga gitu ya kan jadi ga enak dilihat toh.

      Delete
  10. jadi kayak sekolah dulu ya malam sebelumnya disiapin dulu tasnya jadi pagi nggak repot lagi tinggal angkut tasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak, mirip cuma kalao dulu kita yang diomel2i ibu kalau ga siap2, sekarang giliran kita yang ngomelin anak2 πŸ˜‚

      Delete
  11. Wah bener juga ya, jadi kalau sudah di plan atau disiapkan apa yang ingin dibawa besok jadi resiko barang ketinggalan itu kecil banget. Apalagi kalau persiapannya udah teliti banget.

    Emang kadang kalau buru-buru gitu udah gak singkron lagi dan gak kepikiran mau bawa apa. Alhasil pas udah sampe kantor atau tempat kerja baru keinget ada yang ketinggalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persiapan = preparation

      Lebih baik disiapkan dari pada nanti sambatan ketinggalan dan kelupaan kan 🀭

      Delete
  12. Aku ga kepikiran lah ada meja siap berangkat gini. Bisa juga me teras did span rumah atau meja ruang tamu diperlakukan seperti ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, yang penting lokasinya sejalanan sama arah keluar & disiapinnya pas malemnya ya. Selamat mencoba.

      Delete
  13. wah mas, tulisanmu keren ni mas..aku baca sampe ketawa tawa juga...hehehhe....wah long time no see ya mas... makasih lo udah kunjung ke blog ak yang masih newbie banget....jadi bikin semangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Di...makasih ya dah melipir ke sini, moga2 dapat sesuatu yang bermanfaat n makin rajin ngeblog ya 😁

      Delete
Previous Post Next Post